Cara Menggunakan 5 Fitur Baru WhatsApp yang Rilis Tahun Ini - Halaman 2

Cara Menggunakan 5 Fitur Baru WhatsApp yang Rilis Tahun Ini

Virgina Maulita Putri - detikInet
Sabtu, 07 Agu 2021 20:25 WIB
Ilustrasi WhatsApp
Cara Menggunakan 5 Fitur Baru WhatsApp yang Rilis Tahun Ini Foto: dok. Rawpixel

3. Gabung ke panggilan grup yang terlewat

Fitur ini memudahkan pengguna WhatsApp untuk bergabung ke panggilan suara atau video grup yang terlewat. Jadi mereka tidak harus menjawab langsung saat panggilan grup dimulai.

Tidak hanya itu, partisipan panggilan ini juga bisa keluar dan bergabung kembali selama panggilan grup itu masih berlangsung. Di layar juga akan ada info panggilan yang menunjukkan siapa saja yang sudah bergabung dalam panggilan dan siapa yang telah diundang tapi belum bergabung.

Fitur ini tentu baru bisa diakses begitu kalian menerima panggilan grup. Kalian akan menerima notifikasi ketika ada pengguna yang mengundang untuk ikut ke panggilan grup.

Jika belum bisa bergabung, tap Abaikan. Untuk melihat layar info panggilan, tap Gabung. Dari layar tersebut kalian bisa melihat siapa saja peserta panggilan grup dan undangan lainnya.

Tap Gabung untuk bergabung dengan panggilan. Kalian bisa membuka layar info panggilan untuk menambah peserta panggilan atau mengirim notifikasi ke pengguna yang telah diundang tapi belum bergabung.

Untuk bergabung dengan panggilan grup yang terlewat, buka aplikasi WhatsApp lalu tap tab Panggilan. Jika panggilan masih berlangsung, tap untuk bergabung. Ini akan membuka layar info panggilan, lalu tap Gabung sekali lagi untuk bergabung ke panggilan.

Fitur Baru WhatsAppFitur Baru WhatsApp Foto: dok WhatsApp

4. Sembunyikan chat selamanya

Fitur ini sebenarnya merupakan versi terbaru dari fitur Archive yang telah lama ada di WhatsApp. Sebelum ada fitur ini, chat yang sudah dimasukkan ke Archive akan tetap kembali ke inbox utama jika ada pesan baru yang masuk ke chat tersebut.

Dengan fitur baru ini, chat yang sudah diarsipkan akan tetap tersimpan di folder Archived meski menerima pesan baru. Chat yang telah diarsipkan juga akan tersembunyi secara permanen, kecuali pengguna mengeluarkannya dari folder secara manual.

Untuk menyembunyikan chat selamanya menggunakan fitur Archive caranya mudah saja. Pertama buka aplikasi WhatsApp di Android atau iOS lalu tap dan tahan chat individu atau grup yang ingin diarsipkan.

Tap ikon Archive yang berupa kotak dengan tanda panah di bagian kanan atas aplikasi. Chat akan langsung tersimpan di folder Archived secara permanen.

Untuk mengakses chat yang sudah diarsipkan, buka folder Archived yang ada di bagian atas aplikasi. Jika ingin mengeluarkan chat dari folder Archived dan mengembalikannya ke inbox utama, ketuk chat yang ingin dikembalikan lalu ketuk ikon Archive di sudut kanan atas.

Jika ingin chat yang sudah diarsipkan agar bisa kembali ke inbox utama setelah menerima pesan baru, buka menu pengaturan di aplikasi WhatsApp, pilih opsi Chats dan matikan toggle 'Keep chats archived'.

5. Hapus foto dan video secara otomatis

WhatsApp sebelumnya telah merilis fitur disappearing messages yang bisa menghapus pesan secara otomatis setelah tujuh hari. Kali ini mereka merilis fitur View Once yang bisa menghapus foto dan video secara otomatis setelah dilihat oleh penerima.

Untuk menggunakan fitur View Once, buka aplikasi WhatsApp di Android atau iOS, lalu pilih kontak yang ingin dikirimi foto atau video.

Tap ikon kamera yang ada di kolom chat lalu pilih foto atau video yang ingin dikirimkan. Lalu tap ikon View Once yang berupa lingkaran dengan angka 1 di dalamnya yang ada di kolom 'Add a Caption'.

Kirim foto atau video yang sudah dipilih seperti biasa. Jika penerima foto atau video sudah melihat konten yang dikirim, akan terlihat tulisan 'Opened' di chat.

WhatsApp mengingatkan pengguna agar mengirimkan foto atau video lewat fiturr View Once ke pengguna yang bisa dipercaya. Pasalnya penerima masih bisa mengambil screenshot sebelum konten menghilang dan pengirim tidak akan mendapatkan notifikasi jika ada yang mengambil screenshot atau merekam layar.

Penerima pesan juga bisa mengambil foto atau video dari media yang dikirim menggunakan perangkat lain seperti kamera sebelum media itu menghilang.

(vmp/afr)