Cara Menggunakan 5 Fitur Baru WhatsApp yang Rilis Tahun Ini

Cara Menggunakan 5 Fitur Baru WhatsApp yang Rilis Tahun Ini

Virgina Maulita Putri - detikInet
Sabtu, 07 Agu 2021 20:25 WIB
Ilustrasi WhatsApp
Cara Menggunakan 5 Fitur Baru WhatsApp yang Rilis Tahun Ini Foto: dok. Rawpixel
Jakarta -

WhatsApp sempat dirundung kontroversi di awal tahun 2021 karena kebijakan privasi terbarunya. Tapi hal ini tidak menghentikan inovasi WhatsApp untuk menghadirkan fitur-fitur baru bagi penggunanya.

Sepanjang tahun 2021 ini WhatsApp sudah meluncurkan lima fitur baru. Fitur-fitur ini tidak hanya untuk aplikasi WhatsApp di Android dan iOS, tapi juga untuk WhatsApp Desktop.

Berikut ini lima fitur baru yang diluncurkan WhatsApp tahun ini beserta cara menggunakannya, seperti dirangkum detikINET, Sabtu (7/8/2021).

1. Mute video sebelum dikirim

Sesuai namanya, fitur ini bisa membungkam suara video sebelum dikirimkan lewat chat. Sebelum fitur ini ada, pengguna WhatsApp tidak bisa menghilangkan suara di video dan terpaksa menggunakan aplikasi pihak ketiga.

Cara menggunakan fitur ini mudah saja. Pertama buka WhatsApp dan buka chat apapun. Setelah itu tap ikon kamera yang ada di kolom chat untuk memilih video.

Video yang akan dikirimkan akan ditampilkan di layar kalian. Untuk mute suara di video, klik ikon speaker yang ada di sudut kiri atas. Setelah itu edit video jika dibutuhkan dan kirim video seperti biasa.

2. Panggilan suara dan video di WhatsApp Desktop

Fitur ini dirilis di tengah pandemi untuk memudahkan pengguna WhatsApp berkomunikasi dengan keluarga dan teman. Melakukan panggilan suara dan desktop di WhatsApp juga memiliki keuntungan sendiri karena tidak perlu capek memegang ponsel.

Sebelum memulai panggilan suara dan video di aplikasi WhatsApp Desktop, pastikan dulu kalian sudah mengunduh aplikasinya. Aplikasi ini mendukung perangkat yang menjalankan Windows 10 64-bit versi 1903 atau yang lebih baru, dan macOS 10.13 atau yang lebih baru.

Setelah aplikasi WhatsApp Desktop terpasang, buka aplikasi lalu klik salah satu chat individual yang ingin dihubungi. Saat ini panggilan suara dan video di WhatsApp Desktop belum tersedia untuk grup.

Klik ikon panggilan suara yang berbentuk telepon, atau ikon panggilan video yang berbentuk seperti kamera untuk memulai panggilan. Selama panggilan, kalian bisa mematikan suara dengan klik ikon mikrofon, dan mematikan video dengan klik ikon kamera.

Untuk mengakhiri panggilan, klik tombol akhir panggilan yang berwarna merah. Untuk menerima panggilan masuk bisa klik tombol Terima, atau klik Tolak untuk menolak panggilan.

Kalian juga bisa beralih dari panggilan suara ke video, tapi harus seizin kontak WhatsApp yang ditelepon. Mereka bisa memilih Oke untuk mengalihkan panggilan ke video, atau Batal untuk menolaknya.

Caranya mudah saja, cukup klik ikon kamera yang menandakan panggilan video selama panggilan. Jika kontak menerima pengalihan tersebut, maka panggilan suara akan beralih ke video.