Cara Dengar Pesan Suara WhatsApp Tanpa Ketahuan

Cara Dengar Pesan Suara WhatsApp Tanpa Ketahuan

Josina - detikInet
Selasa, 13 Jul 2021 19:05 WIB
Ilustrasi WhatsApp
Foto: dok. Rawpixel
Jakarta -

Dengan aplikasi WhatsApp, pengguna diberikan beberapa kemampuan untuk berkomunikasi, dari berkirim pesan teks, gambar hingga dokumen dan pesan suara alias voice note.

Di WhatsApp ada fitur di mana kita bisa mengetahui apakah pesan yang dikirim sudah terbaca apa belum yang ditandai dengan tanda centang biru (read receipt). Pengguna dapat menonaktifkan fitur tersebut untuk pesan teks sehingga tak ada centang biru meski sudah dibaca.

Sayangnya fitur tersebut hanya berlaku untuk pesan teks, WhatsApp diketahui tidak mengizinkan untuk menonaktifkan fitur tersebut pada pesan suaranya.

Tentu hal ini bikin kesal karena biasanya banyak pengguna yang ingin cukup mendengarkannya saja terlebih dahulu tanpa harus langsung membalas.

Nah, berikut ada beberapa cara dan tips buat kamu yang ingin mendengar voice note di WhatsApp tanpa diketahui atau tanpa ditandai dengan centang biru.

1. Gunakaan Mode Pesawat

Dengan mengaktifkan mdoe pesawat atau airplane mode di smartphone, kamu dapat mendengar pesan suara tanpa diketahui. Pastikan sebelum mengaktifkan mode pesawat kamu sudah mengunduh voice note WhatsApp ke dalam ponsel.

Jika sudah diunduh atau disimpan, aktifkan mode pesawat dan kamu dapat mendengarkan isi pesan suara tanpa sepengetahuan si pengirim.

Diketahui mode pesawat memutus koneksi internet, sehingga WhatsApp tidak dapat mengirim centang biru. Langkah ini juga berlaku buat kamu yang ingin membuka pesan tanpa diketahui.


2. Gunakan aplikasi Playback

Ada aplikasi tambahan untuk dapat mendengar voice note tanpa ketahuan yakni mengunduh aplikasi pemutar audio seperti VLC. Dengan aplikasi ini akan menyimpan file audio di ponsel kamu.

Setelah terinstal, buka aplikasi dan buka Folder > WhatsApp > Media > Catatan Suara. Di folder ini kamu akan menemukan semua pesan suara WhatsApp dan jika kamu mendengarkannya dari aplikasi, pengirim tidak akan menerima pemberitahuan bahwa kamu sudah mendengarnya.

3. Forward Pesan

Cara terakhir ini dinilai cukup mudah dan jitu, yakni meneruskan pesan suara ke nomor WhatsApp lain. Namun tentu denagn cara ini, pastikan kamu meneruskan pesan tersebut ke seseorang yang memang sudah dipercayai, misalnya sahabat.

Setelah pesan suara sudah diteruskan (forward), kamu dapat mendengarkan pesan tersebut di ponsel yang sudah dikirim, sehingga si pengirim pun tidak akan tahu jika pesan sudah didengar.



Simak Video "WhatsApp Kembangkan Fitur Baru: Kirim Foto Jadi Stiker"
[Gambas:Video 20detik]
(jsn/fay)