Sering Pindahkan Akun WhatsApp ke HP Baru? Awas Diblokir!

Sering Pindahkan Akun WhatsApp ke HP Baru? Awas Diblokir!

Tim - detikInet
Rabu, 30 Jun 2021 13:11 WIB
Illustrasi Aplikasi Online, WhatsApp, Facebook, situs berita online
Aplikasi WhatsApp (Foto: Rachman Haryanto/detikcom)
Jakarta -

Smartphone atau HP belakangan semakin murah, dengan kualitas yang meningkat. Tak heran jika tren gonta ganti HP tak surut. Nah saat berganti HP itulah, aplikasi juga harus dipindah atau install ulang termasuk yang penting semacam WhatsApp. Awas, ada risikonya.

Ya, sering memindahkan satu akun WhatsApp yang sama pada perangkat berbeda akibat rutin gonta-ganti ponsel mungkin sering dilakukan. Menurut penjelasan dari WhatsApp sendiri, ada risiko kamu kena blokir karena hal itu.

Menurut laman web situs resmi WhatsApp, pada dasarnya untuk saat ini, satu akun WhatsApp hanya dapat diverifikasi dengan satu nomor telepon pada satu perangkat.

"Akun WhatsApp Anda hanya dapat diverifikasi dengan satu nomor telepon pada satu telepon. Jika Anda memiliki telepon dengan dua kartu SIM, harap diketahui bahwa Anda tetap harus memilih satu nomor telepon untuk diverifikasi di WhatsApp. Tidak ada opsi untuk memiliki akun WhatsApp dengan dua nomor telepon," demikian sebut WhatsApp.

Halaman yang sama menjelaskan bahayanya jika kamu kelewat sering gonta-ganti HP, yang diikuti dengan pemindahan kartu SIM dan mengaktifkan satu akun WhatsApp yang sama.

Pada titik terparah skenario seperti itu, menurut laman FAQ WhatsApp perihal "Menggunakan satu akun WhatsApp pada beberapa telepon atau nomor telepon", pengguna WhatsApp yang melakukannya bisa kena blokir dari proses verifikasi akun.

"Jika Anda sering beralih akun WhatsApp Anda pada perangkat yang berbeda, suatu saat Anda mungkin akan diblokir jika ingin memverifikasi ulang akun. Harap jangan beralih berulang kali pada beberapa perangkat dan nomor telepon yang berbeda," jelas WhatsApp.

Sayangnya, tidak dijelaskan berapa kali pindah sampai akun WhatsApp diputuskan bisa diblokir. Tidak disebut pula apa alasannya, mungkin terkait keamanan akun atau hal lainnya.



Simak Video "WhatsApp Kembangkan Fitur Baru: Kirim Foto Jadi Stiker"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/fay)