Sertifikasi Vaksin COVID-19 Bisa Dicek dan Download di PeduliLindungi

Sertifikasi Vaksin COVID-19 Bisa Dicek dan Download di PeduliLindungi

Agus Tri Haryanto - detikInet
Selasa, 13 Jul 2021 18:44 WIB
PeduliLindungi
Foto: Adi Fida Rahman/detikINET
Jakarta -

Bagi kalian yang sudah mengikuti vaksinasi COVID-19, maka berhak mendapatkan sertifikat vaksin ke-1 dan sertifikat ke-2. Ini cara cek sertifikat vaksin berserta cara download sertifikat vaksin COVID-19.

Hal pertama yang harus dipastikan telah mengunduh aplikasi PeduliLindungi, yang mana bisa detikers unduh di Play Store maupun App Store secara gratis.

Pemerintah mengandalkan PeduliLindungi untuk melakukan pelacakan penyebaran virus Corona (COVID-19). Pengguna aplikasi ini juga bisa dimanfaatkan guna mengetahui bila berada di zona merah.

Selain itu juga, pengguna bisa mengecek sertifikat vaksin ke-1 maupun sertifikat ke-2 dengan aplikasi PeduliLindungi, begitu pun men-download sertifikat vaksin COVID-19 tersebut.

Setelah melakukan suntikan vaksin, pengguna akan dikirimkan SMS berupa tautan untuk mengakses sertifikat vaksin COVID-19. Ada juga yang langsung melalui WhatsApp dan melampirkan kartu Vaksinasi COVID-19.

Namun bagi kalian yang belum mendapatkan SMS atau WhatsApp dari lokasi vaksinasi dilakukan, bisa meluncur ke aplikasi PeduliLindungi. Ini cara download sertifikat vaksin ke-1 dan sertifikat vaksin ke-2:

1. Download aplikasi PeduliLindungi di PlayStore dan AppStore.
2. Login yang disertakan nama lengkap dan nomor ponsel yang aktif dan digunakan pengguna.
3. Setelah login, kalian pilih "akun" yang ada di kanan atas.
4. Kemudian terlihat ada fitur "sertifikat vaksin" dan kalian klik. Pastikan sudah masuk dengan mengisi nama lengkap dan NIK.
5. Nanti muncul sertifikat vaksin kalian. Apabila baru pertama kali, maka yang muncul sertifikat vaksin ke-1 dan yang berikutnya belum ada. Jika sudah vaksinasi, sertifikat vaksin ke-2 pun tersedia.
6. Terakhir, klik sertifikat vaksin ke-1 dan sertifikat vakasin ke-2 yang bisa kalian download ke dalam perangkat.



Simak Video "Jokowi: Vaksinasi RI Nomor 4 di Dunia, Nggak Kalah dengan Jerman-Inggris"
[Gambas:Video 20detik]
(agt/fyk)