2 Cara Mengecilkan Ukuran Foto dan Mengompres Lewat HP - Halaman 2

2 Cara Mengecilkan Ukuran Foto dan Mengompres Lewat HP

Fitraya Ramadhanny - detikInet
Kamis, 01 Jul 2021 20:40 WIB
Ilustrasi smartphone
Foto: Image by rawpixel.com

2. Cara mengecilkan ukuran foto dengan aplikasi Android

Untuk mengompres foto menggunakan ponsel atau HP Android ada banyak cara, termasuk menggunakan aplikasi. Salah satu aplikasi kompres foto yang mudah dan banyak digunakan adalah Photo Compress & Resize yang dikembangkan oleh Lit Photo.

Untuk menggunakannya pertama kalian harus mengunduh aplikasi tersebut di Google Play Store. Setelah proses download dan instalasi selesai, buka aplikasi tersebut.

Di halaman depan pilih menu Compress Photos. Pilih foto yang kalian inginkan, dan kalian bisa memilih hingga 100 foto sekaligus untuk dikompres.

Setelah selesai memilih foto klik tanda centang yang ada di sisi kanan atas aplikasi. Kalian diberikan dua opsi kompresi yaitu mengecilkan foto berdasarkan kualitasnya atau ukurannya.

Jika kalian memilih opsi kualitas, geser slider yang ada hingga persentase kualitas yang diinginkan. Semakin besar persentasenya, semakin besar juga ukuran dan kualitasnya, begitu pula sebaliknya.

Jika kalian memilih opsi ukuran, kalian bisa mengecilkan ukuran sesuai dengan ukuran spesifik, misalnya 200 KB. Kalian cukup menggeser slider yang ke angka 200 KB.

Jika kualitas dan ukuran sudah sesuai keinginan klik Start Compressing. Tunggu beberapa saat dan foto kalian akan otomatis tersimpan di folder LitPhoto yang bisa diakses di Gallery atau file manager.



Simak Video "WhatsApp Akan Bisa Dipakai di 4 Perangkat Sekaligus"
[Gambas:Video 20detik]
(fay/fyk)