4 Cara Minim Jejak Digital, Simpel dan Bisa Dibiasakan Mulai Sekarang!

4 Cara Minim Jejak Digital, Simpel dan Bisa Dibiasakan Mulai Sekarang!

Aisyah Kamaliah - detikInet
Rabu, 16 Jun 2021 18:29 WIB
Berikut ini adalah beberapa manfaat menggunakan Google Incognito, melansir BD Tech Talks.
4 cara minim jejak digital. Foto: Google
Jakarta -

Melindungi data pribadi dengan meminimalisir jejak digital adalah usaha terbaik hidup nyaman di era serba bergantung internet seperti sekarang. Tapi, bukan berarti kamu tidak bisa melakukan aktivitas online sama sekali agar data pribadi terjaga.

Berikut ini empat cara yang bisa dilakukan untuk minim jejak digital dilansir Pop Sci:

1. Incognito

Ada opsi melakukan penelusuran menggunakan mode Incognito atau private pada browser harus dimanfaatkan. Dengan mode ini, aplikasi akan melupakan halaman yang kamu kunjungi termasuk keyword-keyword yang kamu pakai.

Namun ini bukan berarti kamu tidak terlacak sama sekali. Contoh, kalau kamu masuk ke web Facebook dengan Incognito, jaringan media sosial ini masih merekam aktivitas. Untuk menutupi ISP, gunakan VPN ketika berseluncur.

2. Hapus pesan

Hapus pesan-pesan yang ada di ponsel secara aktif dan terjadwal. Bila perlu gunakan aplikasi chat yang memungkinkan fitur self-destructive messages. Kalau tidak, hapus saja secara manual.

3. Batasi pelacakan dari aplikasi

Setiap aplikasi di ponsel mengambil pendekatan yang sedikit berbeda untuk mencatat aktivitas penggunanya dan beberapa dari mereka membiarkan pengguna nyaman memakai mode incognito. Aplikasi yang lain akan berhenti melacak pengguna jika pengguna memintanya.

Ada jutaan aplikasi di pasar, namun secara umum, langkah pertama yang baik adalah memeriksa pengaturan guna menghentikan pelacakan. Jika kamu tidak menemukan opsi ini, kamu harus menghapus aktivitas secara manual. Proses ini akan bervariasi tergantung pada sistem operasi yang kamu pakai.

4. Hapus riwayat pencarian

Banyak aplikasi seluler menyimpan data baik secara lokal maupun di cloud, sehingga mereka dapat menyinkronkan informasi kamu ke perangkat lain. Itu berarti, untuk menghapus log pencarian dari ponselmu, kamu harus menghapus catatan di berbagai platform.

Misalnya, akun Google milik kamu akan menyimpan riwayat pencarian yang kamu jalankan dari ponsel Android kamu. Untuk menghapus catatan ini, kamu harus mengaksesnya dari web. Buka browser dan buka halaman riwayat aktivitas Google kemudian hapus.



Simak Video "Ini Alasan RUU Perlindungan Data Pribadi Tak Kunjung Selesai Dibahas"
[Gambas:Video 20detik]
(ask/rns)