Cara Mencari Lokasi Vaksin COVID-19 di Jakarta Lewat Google Maps

Cara Mencari Lokasi Vaksin COVID-19 di Jakarta Lewat Google Maps

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Jumat, 11 Jun 2021 16:08 WIB
Ilustrasi Google Maps
Foto: Photo by NESA by Makers on Unsplash
Jakarta -

Mencari lokasi vaksin COVID-19 di Jakarta kini bisa dilakukan lewat Google Maps, setelah Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta menggandeng Google untuk menampilkan informasi tersebut.

Hal ini diketahui dari kicauan Jakarta Smart City di akun @JSCLab. Dalam kicauan tersebut dijelaskan cara mencari lokasi vaksin COVID-19 di Jakarta.

Caranya sendiri cukup mudah. Pengguna cukup menggunakan kata kunci 'lokasi vaksin COVID-19 di kolom pencarian Google Maps, baik desktop, mobile, ataupun aplikasi.

Pencarian bisa juga dilakukan lewat asisten digital Google Assistant, dengan kata kunci pencarian semacam 'di mana lokasi vaksinasi COVID-19 di Jakarta'.

Dengan kata kunci seperti itu, Google Maps akan menampilkan lokasi-lokasi vaksinasi COVID-19 terdekat dari lokasi pengguna, misalnya puskesmas ataupun rumah sakit, yang ditandai dengan pin berwarna merah.

Lokasi Vaksin COVID-19Lokasi Vaksin COVID-19 di DKI Jakarta Foto: detikINET/Anggoro Suryo Jati

Saat salah satu lokasi itu dipilih, akan ditampilkan informasi tambahan seperti alamat, nomor telepon, ataupun syarat untuk melakukan vaksinasi. Persyaratan vaksinasi secara umum untuk warga DKI Jakarta bisa dilihat di tautan ini.

Dalam tautan tersebut salah satunya dijelaskan kriteria individu yang tidak boleh mendapat vaksinasi. Seperti punya riwayat autoimun, wanita hamil, dalam pengobatan, memiliki penyakit penyerta seperti diabetes dan hipertensi, atau tidak sesuai anjuran usia.

Oh ya, penyintas COVID-19 juga baru boleh mendapat vaksinasi setelah tiga bulan dinyatakan sembuh.

Layaknya lokasi lain di Google Maps, pengguna juga bisa mengklik tombol direction untuk mencari jalur menuju lokasi tersebut.

Oh ya, fitur pencarian lokasi vaksinasi COVID-19 untuk saat ini hanya bisa dilakukan di DKI Jakarta. Karena saat pencarian dilakukan dari lokasi di luar Jakarta, hasil pencarian yang ditampilkan tetap berlokasi di DKI Jakarta.



Simak Video "Agnez Mo Buka Klinik Vaksin COVID-19"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/fay)