7 Tips WhatsApp Web yang Wajib Diketahui

7 Tips WhatsApp Web yang Wajib Diketahui

Virgina Maulita Putri - detikInet
Jumat, 11 Jun 2021 16:45 WIB
People are seen as silhouettes as they check mobile devices whilst standing against an illuminated wall bearing WhatsApp Incs logo in this arranged photograph in London, U.K., on Tuesday, Jan. 5, 2016. WhatsApp Inc. offers a cross-platform mobile messaging application that allows users to exchange messages. Photographer: Chris Ratcliffe/Bloomberg via Getty Images
7 Tips WhatsApp Web yang Wajib Diketahui Foto: Chris Ratcliffe/Bloomberg
Jakarta -

WhatsApp Web memudahkan pengguna untuk mengakses WhatsApp di komputer, asalkan ponsel tetap terhubung dengan internet. Fiturnya pun tidak kalah lengkap ketimbang aplikasi WhatsApp di Android atau iOS.

Sama seperti WhatsApp versi mobile, WhatsApp Web juga memiliki banyak tips dan trik serta jalan pintas untuk mengakses fitur-fitur yang ada. Tips dan trik ini dijamin bisa bikin chatting pakai WhatsApp Web jadi lebih mudah.

Berikut tujuh tips dan trik WhatsApp Web yang wajib diketahui semua pengguna, seperti dirangkum dari MakeUseof, Jumat (11/6/2021).

1. Shortcut keyboard

Salah satu kemudahan yang ditawarkan menggunakan saat menggunakan layanan di komputer adalah shortcut atau jalan pintas menggunakan tombol di keyboard. Menggunakan WhatsApp Web pun bisa jadi lebih mudah dan cepat dengan jalan pintas ini.

Berikut ini daftar shortcut keyboard yang bisa kalian pakai di WhatsApp Web beserta fungsinya:

- Ctrl + Alt + Shift + U: Mark as unread

- Ctrl + Alt + Shift + M: Mute

- Ctrl + Alt + E: Archive chat

- Ctrl + Alt + Backspace: Delete chat

- Ctrl + Alt + Shift + P: Pin chat

- Ctrl + Alt + / (forward slash): Search

- Ctrl + Alt + Shift + F: Search chat

- Ctrl + Alt + N: New chat

- Ctrl + Alt + Shift + N: New group

- Ctrl + Alt + P: Profile and About

- Ctrl + Alt + , (koma): Settings

2. Cari emoji dengan keyboard

Mengirim pesan di WhatsApp tidak lengkap rasanya tanpa emoji. Tapi kadang proses mencari emoji yang sesuai dengan percakapan membutuhkan waktu yang lama.

Untungnya ada trik WhatsApp Web yang bisa kalian gunakan untuk mencari emoji dengan lebih mudah menggunakan keyboard. Caranya, di kotak dialog ketik simbol titik dua (:) diikuti dengan nama emoji yang ingin ditampilkan.

Misalnya, untuk mencari emoji menangis cukup ketik :cry atau :nangis di kotak dialog lalu klik emoji yang ingin dimasukkan ke percakapan.

3. Ubah emotikon jadi emoji

Mungkin ada beberapa orang di luar sana yang masih senang mengirimkan emoticon ketimbang emoji. Untungnya WhatsApp Web memiliki fitur yang bisa mengubah emoticon menjadi emoji secara otomatis.

Dengan fitur ini, emoticon yang diketik di kotak dialog akan diubah otomatis menjadi emoji. Misalnya, emoticon

Emoticon di WhatsApp Web bisa berubah jadi emojiEmoticon di WhatsApp Web yang bisa berubah jadi emoji Foto: Make Use of

Tip WhatsApp Web lebih lengkap ada di halaman selanjutnya...