5 Trik Simpel untuk Dapat Koneksi Internet Stabil di HP

5 Trik Simpel untuk Dapat Koneksi Internet Stabil di HP

Jihaan Khoirunnisaa - detikInet
Rabu, 02 Des 2020 17:30 WIB
Ilustrasi pengguna smartphone
Foto: Shutterstock
Jakarta -

Internet yang tak stabil di HP kerap menyebalkan. Apalagi saat ini banyak tugas dan pekerjaan yang dilakukan secara online dari rumah saja. Hal ini tentu menuntut kecepatan jaringan internet yang mumpuni.

Koneksi internet tidak hanya dipengaruhi oleh operator seluler yang digunakan, melainkan terdapat banyak faktor lain yang turut mempengaruhi kualitas jaringan di HP. Untuk mengatasinya, ada beberapa trik simpel yang bisa kamu lakukan seperti dikutip dari makeuseof ini:

1. Lakukan Restart HP

Melakukan restart adalah salah satu cara ampuh untuk semua sistem operasi ketika mengalami kendala. Bisa jadi koneksi tidak stabil di HP kamu disebabkan oleh hal yang tidak diketahui. Dengan melakukan restart, sistem akan kembali bekerja dalam kondisi 'bersih' dari aplikasi yang membuat sistem overload.

Untuk me-restart HP sendiri cukup mudah. Bagi pengguna iPhone, tekan dan tahan tombol volume dan tombol samping hingga penggeser daya mati ditampilkan. Setelah perangkat mati, tekan dan tahan kembali tombol samping untuk menyalakannya. Sementara untuk HP Android, kamu hanya perlu menekan tombol power, kemudian pilih opsi restart.

2. Ubah Lokasi

Di samping cuaca, penyebab lain jaringan internet di HP tidak stabil, yaitu lokasi. Jika kamu berada dalam gedung atau di dataran tinggi seperti pegunungan, terdapat banyak hambatan yang bisa menurunkan kualitas jaringan. Kalau begitu, berpindah ke tempat lain di mana tidak banyak terdapat halangan bisa kamu lakukan, agar koneksi internet jadi lebih lancar.

3. Nonaktifkan dan Update Aplikasi

Terkadang, aplikasi yang bermasalah menjadi penyebab koneksi jaringan internet tidak stabil. Untuk itu, kamu bisa me-nonaktifkan penggunaan aplikasi yang sekiranya memberatkan kinerja HP. Atau, kamu pun dapat melakukan update aplikasi agar kerjanya lebih optimal.

Bagi pengguna iPhone, kamu dapat memperbaikinya dengan mengunjungi Pengaturan > Seluler, lalu nonaktifkan akses aplikasi ke jaringan data seluler. Sedangkan pengguna Android, kamu dapat melakukan: Pengaturan > Jaringan & Internet > Jaringan seluler > Penggunaan data. Lalu, pilih aplikasi untuk mencegah aplikasi tersebut menggunakan data.

4. Nonaktifkan Data Saver atau Mode Data Rendah

Baik Android maupun iOS memiliki mode yang didesain untuk menghemat penggunaan data. Mode ini sebetulnya bermanfaat saat kamu memiliki kuota terbatas, namun dapat membuat jaringan internet HP jadi terhambat. Cobalah untuk me-nonaktifkan mode tersebut agar internet kembali lancar.

5. Matikan VPN

Jika masalah koneksi internet masih terus berlanjut, mungkin saja masalah tersebut berasal dari koneksi VPN yang digunakan. Oleh karena itu, kamu bisa matikan atau putuskan VPN terlebih dahulu, lalu sambungkan kembali. Selain itu, kamu pun dapat menyambungkan HP ke server VPN lain dengan speed yang lebih kencang.

6. Cek Pemutusan Jaringan

Seperti kamu ketahui, terdapat banyak faktor yang menjadi penyebab masalah koneksi jaringan internet. Salah satunya pemutusan koneksi dari penyedia jaringan internet yang kamu gunakan, yang membuat internet di HP menjadi tidak stabil. Kalau sudah begitu, solusinya adalah dengan mencari tahu apakah benar terjadi pemutusan jaringan tadi.

Tips lain untuk memaksimalkan kecepatan internet adalah dengan menggunakan AXIS yang hadir dengan jaringan 4.5G terbarunya. Dengan jaringan AXIS yang baru ini, kamu bisa main game dari mana pun dan kapan pun. Bahkan, di dalam kamar atau toilet juga bisa!

Informasi selengkapnya bisa kamu lihat di sini. Baca juga artikel ini untuk tahu penyebab lain masalah jaringan internet pada HP.

(prf/fay)