5 Penyebab Jaringan Internet Tidak Stabil

5 Penyebab Jaringan Internet Tidak Stabil

Jihaan Khoirunnisaa - detikInet
Senin, 30 Nov 2020 15:30 WIB
Ilustrasi jaringan internet lemot
Foto: Shutterstock
Jakarta -

Internet telah menjadi bagian dari kebutuhan dasar masyarakat. Apalagi setelah memasuki era digital dan era normal baru. Keberadaan jaringan internet stabil menjadi faktor penting dalam menunjang aktivitas sehari-hari, seperti sekolah dan bekerja dari rumah.

Namun, kenyataannya masalah utama yang kerap dihadapi dalam kehidupan digital saat ini justru jaringan internet yang tidak stabil. Kala sinyal internet pada ponsel atau komputer menjadi tidak stabil secara tiba-tiba, beberapa faktor ini bisa jadi penyebabnya, dikutip dari Zenduit.

Inilah 5 Penyebab Koneksi Internet Tidak Stabil

1. Wi-Fi atau Kabel LAN?

Sebelum berbicara tentang kecapatan koneksi, penting bagi kamu untuk lebih dulu memahami bagaimana perangkat dapat tersambung ke internet. Apakah menggunakan Wi-Fi atau kabel LAN? Wi-Fi di satu sisi lebih baik karena praktis. Namun, berpotensi mengalami jaringan internet yang 'putus-nyambung'. Selain itu, Wi-Fi juga memiliki batas jangkauan sinyal.

Sedangkan internet kabel dipastikan memiliki kecepatan yang lebih kencang, hingga 10 GB/s dengan kabel Cat6. Kecepatan koneksi dari internet kabel juga terbilang konsisten, tidak seperti Wi-Fi.

2. Adanya Malware dan Virus

Sebagaimana sudah diketahui, keberadaan virus dapat menghambat kerja komputer. Namun, tidak banyak yang tahu bahwa adanya virus dan malware ini juga turut mempengaruhi kecepatan koneksi jaringan internet.

Secara diam-diam, virus dan malware ini memang dapat menggunakan internet pada perangkat. Akibatnya, konektivitas pun jadi terhambat.

3. Perangkat Keras yang Digunakan

Router, internet kabel, serta perangkat keras dari komputer merupakan segala faktor yang harus kamu pertimbangkan untuk membangun jaringan internet stabil. Saat koneksi internet bermasalah, segera periksa spesifikasi dari router yang kamu miliki, dan ganti dengan yang baru jika usia router sudah terlalu lama.

Di samping itu, periksa juga perangkat keras dari komputer. Mungkin banyak orang beranggapan bahwa perangkat keras ini tidak berhubungan dengan kecepatan internet. Padahal, memiliki prosesor yang lemah dapat menurunkan kecepatan, terutama dalam mengunduh file berukuran besar.

4. Letak Router Salah

Selain usia, rupanya lokasi router sangat menentukan kuat-lemahnya sambungan internet. Koneksi tidak akan lancar, jika router berada jauh dari perangkat. Hal ini mengingat setiap router punya jangkauan maksimalnya.

Jadi, untuk meningkatkan kualitas jaringan internet pada ponsel ataupun komputer, pastikan kamu berada dalam jangkauan tadi. Kamu juga dapat menggunakan Wi-Fi extender yang akan membantu memperluas area jangkauan sinyal.

5. Trafik Jaringan Internet

Jelas, memiliki banyak pengguna pada server yang sama secara bersamaan akan mengurangi kecepatan dari koneksi internet. Sebab, server host menjadi kekurangan daya dengan jumlah orang yang ada, yang kemudian berdampak pada kualitas jaringan internet tadi.

Itulah beberapa faktor penyebab jaringan internet tidak stabil pada perangkat, baik ponsel maupun komputer. Namun kamu tidak perlu khawatir, karena kini, AXIS hadir membawa jaringan 4.5G baru yang telah terfiberisasi.

Dengan jaringan baru ini, kamu tak perlu repot ke sana ke mari, hanya untuk mendapatkan spot internet terbaik. Di mana saja, kapan saja, koneksi internet pasti lancar! Informasi selengkapnya bisa dilihat di sini.

(prf/fay)