Cara Membuat Spotify Wrapped 2020 untuk Dibagi di Medsos

Cara Membuat Spotify Wrapped 2020 untuk Dibagi di Medsos

Virgina Maulita Putri - detikInet
Rabu, 02 Des 2020 11:41 WIB
Spotify Wrapped 2020
Cara Membuat Spotify Wrapped 2020 untuk Dibagi di Medsos (Foto: Screenshot/detikINET)
Jakarta -

Spotify Wrapped adalah salah satu fitur yang paling ditunggu-tunggu tiap akhir tahun. Di awal bulan Desember ini, Spotify Wrapped 2020 sudah tersedia dan bisa kalian akses untuk dibagikan di media sosial.

Sama seperti tahun-tahun sebelumnya, Spotify Wrapped menampilkan lagu, album, musisi, genre musik, dan podcast yang paling sering kalian dengarkan selama 12 bulan terakhir. Spotify Wrapped juga menjadi trending topic Twitter.

Selain memperlihatkan statistik musik dan podcast yang didengarkan, Spotify juga membuatkan dua playlist khusus yang berisi 100 lagu teratas dan lagu-lagu hit yang kalian lewatkan selama setahun terakhir.

Untuk Wrapped 2020, Spotify menampilkannya dengan cara yang sedikit berbeda yaitu lewat tampilan yang mirip seperti Instagram Stories. Mungkin Spotify ingin memperluas fitur Stories yang saat ini sedang mereka uji coba.

Untuk membuat Spotify Wrapped 2020, kalian bisa mengaksesnya lewat browser di laptop/PC, ponsel atau aplikasi Android dan iOS. Masing-masing slide Spotify Wrapped juga bisa dibagikan ke media sosial seperti Instagram, Twitter, Facebook dan lain-lain.

Cara membuat Spotify Wrapped 2020:

  • Buka website Spotify Wrapped di sini lewat browser, lalu login menggunakan username dan password kalian.
  • Jika kalian membuka website tersebut dari ponsel, kalian akan langsung diarahkan ke aplikasi Spotify. Jika membuka dari laptop/PC, kalian hanya akan melihat daftar playlist 'Yor Top Songs 2020', 'Missed Hits' dan 'On Record'.
  • Setelah aplikasi Spotify di ponsel terbuka, klik banner 'Your 2020 Wrapped' yang ada di bagian paling atas. Banner ini juga bisa kalian akses dengan membuka aplikasi Spotify, lalu masuk ke tab Search dan scroll ke bawah sampai melihat kartu '2020 Wrapped'.
  • Selanjutnya akan muncul presentasi dalam bentuk slide yang mirip Instagram Stories. Stories ini menampilkan beberapa statistik seperti lagu, album, musisi dan podcast favorit.
  • Tap di sisi kanan story untuk melihat slide selanjutnya, dan di sisi kiri untuk melihat slide sebelumnya, sama seperti cara menggunakan Instagram Stories.
  • Masing-masing slide bisa kalian bagikan ke media sosial pilihan dengan menekan tombol 'Share this story' yang ada di bagian bawah slide. Di situ kalian akan melihat pilihan untuk membagikan story ke Instagram, Twitter, atau media sosial lainnya. Spotify hanya akan membagikan infografis yang ada di masing-masing story, tidak keseluruhan video.

Cukup mudah kan detikers? Selamat mencoba membuat Spotify Wrapped 2020 dan kilas balik dengan musik favorit kalian!



Simak Video "Ramai di Medsos, Begini Cara Bikin Spotify Wrapped"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/fay)