Tips Mudah Biar Gak Kecele Beli Ponsel BM

Tips Mudah Biar Gak Kecele Beli Ponsel BM

Agus Tri Haryanto - detikInet
Sabtu, 27 Jun 2020 22:15 WIB
Setelah ditandatangani 18 Oktober 2019 oleh tiga menteri, aturan IMEI akan berlaku 18 April 2020. Lantas bagaimana nasib ponsel black market atau BM?
Tips Mudah Biar Gak Kecele Beli Ponsel BM. Foto: Rifkianto Nugroho
Jakarta -

Aturan validasi International Mobile Equipment Identity (IMEI) belum berjalan sempurna, meski telah berlaku sejak 18 April. Kementerian Perdagangan (Kemendag) pun memberikan sejumlah tips bagi calon konsumen yang ingin membeli smartphone.

Seperti diketahui, aturan IMEI jadi cara pemerintah dalam memerangi ponsel BM yang beredar di Indonesia, di mana selama ini dinilai merugikan negara karena tidak adanya pemasukan pajak dari sektor tersebut.

Direktur Pengawasan Barang dan Jasa Kemendag Ojak Manurung mengungkapkan ada empat tips sederhana yang bisa dipakai konsumen ketika ingin membeli ponsel idamannya. Tips ini bisa diterapkan ketika belanja online atau offline.

Pertama, pastikan nomor IMEI yang tercantum pada kemasan sesuai dengan jumlah kartu SIM yang digunakan.

Kedua, lakukan pengecekan IMEI yang tertera pada kemasan melalui website Kemenperin https://imei.kemenperin.go.id

Ketiga, minta penjual untum menguji masing-masing slot kartu SIM di telepon seluler dan memperhatikan apakan terdapat sinyal atau layanan jaringan seluler pada produk tersebut

"Kita mintakan penjual untuk menguji mencoba slot kartu SIM, perhatikan ada sinyal atau tidak di produk tersebut," ujar Ojak.

Terakhir, pembelian secara online, pastikan bahwa penjual menjamin IMEI produk sudah tervalidasi dan teregistrasi sehingga produk dapat digunakan.



Simak Video "Kemenperin Sebut Aturan IMEI Belum Efektif Blokir Ponsel BM"
[Gambas:Video 20detik]
(agt/afr)