Cara Mereset Ulang HP Android, Begini Langkahnya

Cara Mereset Ulang HP Android, Begini Langkahnya

Muhammad Rifqie Putra - detikInet
Selasa, 07 Apr 2020 14:20 WIB
Logo Android, Android
Cara mereset HP Anroid (Foto: Google.com)
Jakarta -

Tentu menjadi hal yang sangat menjengkelkan ketika tiba tiba Hp Android kita tidak merespons atau hang. Peristiwa ini bisa terjadi lantaran adanya cache yang menumpuk saat menginstal aplikasi. Nah Anda bisa me-reset atau reboot atau soft reset pada ponsel Android agar kembali normal.

Reboot dan reset memiliki penjelasan yang berbeda, reboot sama dengan mereset, dengan mematikan perangkat Anda. Hal ini bertujuan untuk menutup dan membuka kembali sistem operasi. Di sisi lain, reset adalah mengembalikan perangkat ke dalam pengaturan pabrik. Meski memiliki istilah yang sama, mereka sangat berbeda.

Berikut cara mereset Hp Android agar kembali ke performa semula seperti dilansir dari sejumlah sumber:

1. Melalui Menu Setting di Android

Sebelum melakukan reset ulang, sebaiknya Anda membackup terlebih dahulu file Anda di laptop atau hardisk eksternal.

Pertama, masuk ke setting, scroll ke bawah dan cari menu backup & reset, kemudian tap factory data reset, centang yang menurut Anda benar, lalu tap reset device, tunggu prosesnya kurang lebih 3-10 menit, setelah selesai hp Android akan merestart sendiri, jika tidak silahkan merestartnya dengan cara manual.

2. Hard Reset

Tekan tombol power dan volume up secara bersamaan, kemudian akan muncul "Recovery Mode", bila cara di atas tidak berhasil silakan gunakan tombol power + volume up + volume down atau power + volume down atau bisa juga dengan power + volume up + tombol home, setelah itu pilih opsi wipe data/factory reset, lalu ok, gunakan tombol volume sebagai navigasi dan home sebagai eksekusi, tunggu selesai dan pilih restart.

3. Dial Khusus

Cara mereset Hp Android berikutnya adalah dengan cara dial khusus. Buka Dial, kemudian pilih salah satu kode *#*#7780#*#* untuk soft reset dan *2767*3855#untuk hard reset, tunggu proses dan pilih restart.

,



Simak Video "Duh! Skor Benchmark iPhone 12 Kalah dari Flagship Android"
[Gambas:Video 20detik]
(erd/erd)