Senin, 20 Jan 2020 14:46 WIB

Cara Membuat Google Form untuk Kuesioner dengan Cepat

Puti Yasmin - detikInet
Foto: Reuters/Cara Membuat Google Form untuk Kuesioner dengan Cepat
Jakarta - Kuesioner dapat dibuat online dengan Google Form. Nah, ada cara membuat Google Form untuk kuesioner dengan mudah dan cepat. Seperti apa?

Google Form merupakan salah satu fasilitas yang diberikan Google untuk membuat formulir atau kuesioner. Penggunanya hanya perlu membagikan link agar kuesioner dapat diisi. Google Form cocok banget untuk berbagai kebutuhan seperti riset tugas kuliah atau urusan pekerjaan di era milenial.



Berikut cara membuat Google Form yang dirangkum detikcom:

Pertama, pengguna harus masuk ke laman di alamat forms.google.com. Kemudian, untuk pendaftaran akan muncul kolom untuk judul form dan jenis pertanyaan yang akan diberikan, apakah multiple choice atau check boxes.

Cara membuat Google Form bisa dilakukan di HP, iPhone atau Android, serta di personal computer (PC) langsung. Selanjutnya, isi kolom pertanyaan dan beberapa jawaban dengan mengklik menu Add Item.

Isi jumlah pertanyaan sesuai dengan keinginan. Pengguna juga bisa mengatur jenis teks, paragraf yang diinginkan.

Tahap selanjutnya, bila pengguna ingin membuat kuesioner yang menarik bisa dengan mengatur tema. Caranya pilih fitur Change Theme dan klik tema yang diaukai.



Bila belum yakin dengan isi kuesioner, pengguna bisa melihat hasil akhir yang akan digunakan. Cara melihat hasil Google Form dengan masuk kembali ke Google Form dan membuka form yang bersangkutan.

Cara membuat Google Form terakhir dengan membagikan hasil formulir berbentuk link. Ada tiga cara membagikan form, yakni Send form, Download as, dan Embed.

Hasil isian Google Form bisa dicek melalui menu View Respons. Selamat mencoba cara membuat google form ya.

Simak Video "dYouthizen: A New Basecamp for YOU!"
[Gambas:Video 20detik]
(pay/erd)