Jumat, 03 Jan 2020 21:44 WIB

Tips dan Trik

Mudah! Ini Cara Memasang eSIM di iPhone 11

Adi Fida Rahman - detikInet
Foto: Adi Fida Rahman/detikINET
Jakarta - Apple hanya menjual trio iPhone 11 dengan dual SIM Card fisik di China dan Hong Kong. Di luar itu, iPhone tetap bisa terpasang dua nomor, hanya saja konfigurasinya SIM Card fisik dan eSIM.

eSIM merupakan kependekan dari embed SIM. Artinya kita tidak perlu memasukkan SIM Card fisik ke dalam slot. Lantas bagaimana memasangnya?


Sangat mudah, malah lebih gampang ketimbang memasng SIM Card loh. Kamu hanya membutuhkan koneksi WiFi dan kartu perdana eSIM.

Saat ini di Indonesia hanya satu operator yang menyediakan layanan ini, yakni Smartfren. Operator ini menyediakan paket perdana eSIM seharga Rp 180 ribu. Perdana eSIM ini bisa digunakan di iPhone XR, iPhone XS, iPhone XS Max, iPhone 11, iPhone 11 Pro dan iPhone 11 Pro Max.

Mudahnya Memanfaatkan eSIM di iPhone 11Paket perdana eSIM Smartfren. Foto: Adi Fida Rahman/detikINET
Di dalam paket sendiri terdapat kuota utama 45 GB, kuota malam 45 GB. Diberikan gratis nelpon 30 menit ke semua operator dan gratis seumur hidup ke sesama Smartfren.

Bila sudah sebelumnya sudah menggunakan atau telah memiliki nomor Smartfren, kamu bisa melakukan pergantian ke eSIM di Galeri Smartfren yang tersebar di seluruh Indonesia dengan biaya Rp 15.000

Setelah mendapatkan paket perdananya, kemudian buka. Kita akan melihat barcode di dalamnya. Kemudian ikuti langkah-langkah berikut ini:


1. Sambungkan iPhone ke WiFi

2. Buka Settings

3. Pilih dan tekan Cellular

4. Pada bagian Celuler Plans, kita pilih Add Cellular Plan

5. Akan muncul Add Celluler Plan. Di sini kamu diminta untuk memindai barcode yang ada di kartu perdana

Mudahnya Memanfaatkan eSIM di iPhone 11Memindai barcode. Foto: Adi Fida Rahman/detikINET

6. Bila berhasil akan muncul pesan "A Cellular Plan from Smartfren is ready to be added to iPhone"

7. Tekan tombol Add Seluler Plan

Bila sudah selesai kamu bisa mengatur eSIM dijadikan nomor utama atau kedua untuk panggilan telepon, SMS dan koneksi data. Menariknya Apple punya fitur bernama Allow Cellular Data Switching. Jika fitur tersebut dinyalakan, memungkinkan iPhone berpindah ke koneksi data yang jaringannya tersedia dan terbaik.

Mudahnya Memanfaatkan eSIM di iPhone 11Foto: Adi Fida Rahman/detikINET


Setelah selesai memasukan eSIM ke iPhone, agar bisa menggunakan jangan lupa untuk melakukan registrasi SIM ke 4444. Bisa menggunakan SMS atau bisa mengakses lewat browser.

Sebagai tambahan, disarankan untuk menyimpan barcode dengan menyimpan paketan perdana, atau bisa memfotonya. Ini diperlukan jika tanpa sengaja kamu menghapus eSIM profil di iPhone. Jika hilang, kamu bisa mengunjungi Galeri Smartfren untuk mendapatkan barcode pengganti.


Kamu tidak bisa menggunakan eSIM yang sudah digunakan di perangkat lain. Bila mana kamu berganti perangkat dapat melaporkan Galeri Smartfren. Selamat mencoba!



Simak Video "Cara Mengaktifkan eSIM di iPhone 11 Pro"
[Gambas:Video 20detik]
(afr/fay)