Jumat, 25 Okt 2019 21:45 WIB

5 Cara Download Video YouTube dengan Mudah

Abdul Jalil - detikInet
5 Cara Download Video YouTube dengan Mudah/Foto: iStock 5 Cara Download Video YouTube dengan Mudah/Foto: iStock
Jakarta - Bagi kamu yang termasuk pengguna aktif Youtube dan ingin download video, bagaimana cara download video YouTube favorit di channel tersebut? Simak cara mendownload video dari YouTube berikut ini.

YouTube masih menjadi media sosial yang paling banyak digunakan oleh orang Indonesia hingga menjelang akhir 2019 ini. Platform penyebaran video ini, banyak diisi berbagai hal kebutuhan informasi masyarakat.

Bahkan YouTube disebut sebagai media sosial yang bisa lebih dari televisi. Banyaknya konten dan jutaan video yang ada di YouTube, membuat orang bisa memilih dan menontonnya lewat handphone maupun komputer. Video yang ada di YouTube juga bisa kita download, dengan cara tanpa aplikasi maupun dengan menggunakan aplikasi.

Nah, inilah 4 cara download video YouTube yang dirangkum dari berbagai sumber:



1. Savefrom.net

Cara download video YouTube ini cukup mudah, karena tidak perlu menggunakan aplikasi atau software apapun. Hanya perlu memasukan saveform.net ke url, lalu enter. Setelah masuk ke halaman savefrom.net, copy dan paste link video YouTube yang hendak didownload. Kemudian pilih format dan kualitas video yang ingin didownload. Ada format MP4, WEBM, 3GP, MP3, dan lainnya yang bisa kamu download.

Cara lain untuk download menggunakan savefrom.net yakni lakukan langsung pada url video YouTube yang kamu tonton, dengan cara tambahkan huruf 'SS' di depan youtube.com. Contohnya https://www.SSyoutube.com/watch?abcdefghijk. Cara tersebut bisa dilakukan lewat laptop maupun handphone.

2. Vidpaw

Cara download video YouTube selanjutnya adalah melalui situs vidpaw.com. Caranya hampir sama dengan situs savefrom.net, yakni dengan mengcopy dan paste link video ke dalam kolom download.

Kamu bisa memilih format dan kualitas video yang ingin didownload. Selain video, kamu juga bisa mendownload format audionya.

3. Extension

Cara yang kedua adalah menggunakan extension pada browser. Salah satu extension yang bisa digunakan untuk mendownload video dari YouTube, yakni Easy Youtube Video Downloader. Kamu tinggal searching dan klik extension yang sesuai dengan browser, lalu tambahkan pada browser yang digunakan.

Setelah extension tersebut terpasang pada browser, kamu bisa langsung akses ke video yang ingin didownload, dan tombol download video dari extension tersebut sudah tersedia. Kamu tinggal klik dan pilih format video yang hendak kamu download.

4. Videoder

Cara ini menggunakan aplikasi atau software yang bernama videoder, yang kompatibel dengan berbagai perangkat seperti Android, Mac, dan Windows. Kamu bisa memilih format video yang ingin didownload, dan dapat digunakan untuk mendownload secara bersamaan.

Bukan hanya bisa mendownload video dari YouTube, Videoder juga bisa digunakan untuk download video di Instagram, facebook, dan lainnya. Caranya, download aplikasi Videoder, lalu masuk ke aplikasi dan pilih icon media sosial yang terdapat video yang hendak didownload, misalnya YouTube. Setelah mengklik icon YouTube yang ada di interface Videoder, kamu akan masuk ke YouTube secara langsung.

Cari dan buka video dituju, dan tombol download akan tersedia, kamu tinggal pilih format dan kualitas video yang ingin didownload.



5. Free YouTube Download

Aplikasi Free YouTube Download menjadi salah satu aplikasi download video YouTube yang populer. Aplikasi yang dirilis sejak tahun 2006 ini bisa digunakan pada dua sistem operasi komputer, yakni Mac dan Windows.

Kamu hanya perlu mendownload aplikasi tersebut dan menjalankannya. Lalu copy link url video YouTube yang hendak kamu download, lalu klik tombol +paste pada aplikasi Free YouTube Downloader. Secara otomatis video akan masuk ke daftar unduhan, dan bisa langsung kamu download dengan klik tombol warna biru bertuliskan 'Download'

Itulah cara download video YouTube yang cukup mudah buat kamu yang gemar mengoleksi video YouTube. Cara yang mudah tanpa aplikasi untuk download video satu persatu, sedangkan menggunakan aplikasi untuk mendownload dalam jumlah yang banyak dengan mudah, hanya tinggal klik saja. Bagaimana, caranya cukup mudah kan?

(nwy/nwy)