Jumat, 18 Okt 2019 21:20 WIB

3 Cara Menghapus History Google di HP Android

Virgina Maulita Putri - detikInet
3 Cara Menghapus History Google di HP Android Foto: Muhamad Imron Rosyadi/detikINET 3 Cara Menghapus History Google di HP Android Foto: Muhamad Imron Rosyadi/detikINET
Jakarta -

Ketika melakukan penelusuran lewat Google, kata kunci yang kalian cari akan meninggalkan jejak yang disebut riwayat atau history pencarian. Jika kata kunci yang kalian cari bersifat pribadi atau sensitif, sebaiknya jejak pencarian ini dihapus.

Apalagi jika kalian sangat menghargai privasi data pribadi. Kalian tentu tidak ingin jika penelusuran pribadi ini diintip dan disalahgunakan, misalnya jika ponsel (HP) Android kalian dipinjam orang lain.


Tidak perlu khawatir, berikut adalah cara menghapus history Google di HP Android yang dirangkum detikINET dari blog Bantuan Google:

1. Cara Menghapus Keyword Pencarian di Google

Kalian bisa menggunakan cara ini untuk menghapus keyword pencarian Google yang spesifik. Caranya buka aplikasi Google di ponsel lalu klik Search Bar atau kolom pencarian di halaman depan.

Di situ kalian akan melihat delapan keyword terakhir yang kalian cari lewat Google. Pilih satu keyword, klik dan tahan selama beberapa detik hingga muncul notifikasi pop up.

Setelah itu klik Delete dan keyword tersebut akan langsung menghilang dari riwayat penelusuran Google.

2. Cara Menghapus History Google

Cara ini bisa kalian gunakan jika history Google yang ingin dihapus lebih banyak dan dalam rentang waktu yang cukup panjang. Caranya buka aplikasi Google Chrome di ponsel Android kalian.

Klik menu berupa tiga titik yg ada di sudut kanan atas, kemudian pilih opsi Histori dan klik Hapus data browsing. Di situ kalian akan lihat rentang waktu history yang hendak dihapus.


Kalian bisa memilih antara opsi satu jam terakhir, 24 jam terakhir, 7 hari terakhir, 4 minggu terakhir atau sepanjang waktu. Centang 'Histori browsing' dan hapus centang data lain yang tidak ingin dihapus.

Klik Hapus data yang ada di sudut kanan bawah dan history Google Chrome kalian akan terhapus.

3. Cara Menghapus Item dari History

Cara ini bisa digunakan jika kalian ingin menghapus item spesifik dari history Google . Caranya buka menu Histori di Google Chrome seperti cara di atas.

Setelah terbuka, cari entri item yang ingin dihapus. Klik ikon X yang ada di sebelah kanan untuk menghapusnya.

Untuk menghapus beberapa item sekaligus, klik dan tahan item-item yang ingin dihapus. Setelah selesai memilih, klik ikon tempat sampah yang ada di sisi kanan atas.

Bagaimana detikers, cukup mudah kan?

(vmp/fay)