Selasa, 17 Sep 2019 11:43 WIB

Cara Membuat Video YouTube untuk Pemula, Ini Tipsnya

Rizky Wika Shintya Devi - detikInet
Cara membuat YouTube. Foto: Sean Gallup/Getty Images Cara membuat YouTube. Foto: Sean Gallup/Getty Images
Jakarta - Mau belajar jadi YouTuber? Kamu bisa mencoba bikin video dan unggah di YouTube. Ini dia cara membuat video YouTube yang berkualitas untuk para pemula.

YouTube adalah salah satu situs web berbagi video yang didirikan sejak Februari 2015. Penasaran bagaimana cara membuat video di YouTube?

Sebelum membuat video yang nanti akan diunggah di YouTube, kamu harus memiliki akun YouTube terlebih dulu ya.

Cara bikin akun YouTube, kamu harus login dengan username dan password dari akun Google. Selanjutnya, kamu buka situs resmi YouTube (www.youtube.com) lalu klik sign in yang berada di pojok kanan atas. Masukkan akun Google dan secara otomatis kamu akan bisa mengakses akun Youtube.


Apa perbedaan antara akun YouTube dan channel YouTube? YouTube dengan channel YouTube memiliki perbedaan antara lain akun YouTube berguna sebagai admin untuk login dan mengakses ke channel YouTube, sedangkan untuk channel YouTube merupakan nama saluran yang berisikan konten video di YouTube.

Lalu, bagaimana cara membuat YouTube channel?

Nah, jika sudah di tahap ini kamu bisa membuat channel YouTube dengan klik 'My Channel atau Channel Anda' di pojok kanan atas yang berupa foto profil di akun Google. Lalu, muncul detail data profil dan menu My Channel. Kamu akan dikaitkan pada dashboard akun YouTube dan akan terlihat bahwa semua masih kosong. Selanjutnya kamu bisa klik 'Customize Channel' dan memulai channel YouTube dengan mengupload sebuah video.

Untuk menyempurnakan channel Youtube, tambahkan foto profil beserta deskripsinya. Yuk, simak berikut ini tips cara membuat video YouTube berkualitas untuk pemula.

1. Ide karya original

Pastikan ide yang kamu punya memiliki karya original. Jangan mengikuti hasil karya orang lain bahkan menjiplaknya. Hal terpenting ialah menjadi diri sendiri saat berkarya sehingga akan menghasilkan sebuah karya yang unik dan menarik.

2. Konten sesuai passion

Selanjutnya, kamu dapat mempersiapkan konten yang akan dibuat. Berikut ini ragam jenis konten yang bisa kamu jadikan referensi antara lain konten beauty, lifestyle, gaming, entertainment, sport dan travelling. Pilih konten sesuai dengan passion kamu ya sehingga hasil karyamu dapat menginspirasi khalayak.

3. Ikuti tren

Sebagai seorang YouTuber, sudah seharusnya kamu selalu update dengan perkembangan tren kekinian. Mulai dari jenis video yang dibahas, cara editing, hingga hal-hal yang diminati saat ini. Dengan membuat konten video yang selalu mengikuti tren maka akan menambah jumlah subcribers. Hal yang bisa kamu lalukan untuk menarik jumlah views kamu bisa mengikuti cara membuat video YouTube sendiri dengan kolaborasi bersama teman, selebgram atau bahkan artis.

4. Utamakan nilai positif

Kunci utama kesuksesan sebuah video dapat dilihat dari sisi nilai yang (likes) yang diberikan dari para penonton. Jika nilai bersifat positif dan berguna, para penonton otomatis akan membagikan link video. Dan, komentar yang dituliskan pun juga bernada positif.

5. Gunakan kamera video berkualitas tinggi

Pada prinsipnya cara membuat video YouTube di HP atau handycam itu memiliki perbedaan terletak pada kualitas video yang dihasilkan. Kamera digital video memiliki kualitas lebih baik dibandingkan dengan HP atau webcam.





Simak Video "Jelang Pelantikan Presiden, Aneka Tagar Ramaikan Twitter"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/lus)