Rabu, 14 Agu 2019 20:47 WIB

Speedtest, Cara Mudah Cek Kecepatan Koneksi Internet

Virgina Maulita Putri - detikInet
Speedtest, Cara Mudah Cek Kecepatan Koneksi Internet Foto: via Brainberries Speedtest, Cara Mudah Cek Kecepatan Koneksi Internet Foto: via Brainberries
Jakarta - Kalian pernah sedang asyik menjelajah media sosial tapi tiba-tiba koneksi internet mendadak menjadi sangat lambat? Mungkin tandanya kalian harus mengecek kecepatan koneksi internet.

Saat ini telah banyak layanan yang memungkinkan kalian untuk mengecek kecepatan internet, termasuk Speedtest. Bahkan layanan ini termasuk salah satu yang paling populer, karena aplikasi Android-nya telah diunduh sebanyak lebih dari 100 juta kali.




Penasaran bagaimana cara menggunakan Speedtest untuk mengecek kecepatan internet? Simak dulu tips dan serba-serbi di bawah ini yang dirangkum detikINET dari berbagai sumber.

1. Apa Itu Speedtest?

Speedtest adalah layanan untuk menguji kecepatan dan performa koneksi internet, baik seluler maupun Wi-FI, yang dikembangkan oleh Ookla. Layanan ini pertama kali diluncurkan pada tahun 2006 dan hingga saat ini layanan Speedtest telah digunakan lebih dari 25 miliar kali untuk menguji kecepatan internet.

2. Tersedia di Berbagai Platform

Layanan Speedtest tersedia di browser lewat situs Speedtest.net. Tidak hanya itu, aplikasi Speedtest juga bisa diunduh di berbagai platform termask iOS, Android, macOS, Windows, dan Apple TV.

3. Arti Istilah yang Digunakan Speedtest

Jika kalian baru pertama kali menggunakan Speedtest kalian akan dihadapkan dengan istilah-istilah seperti ping, download speed dan upload speed. Berikut ini adalah arti dari masing-masing istilah tersebut:

- Ping adalah waktu reaksi koneksi kalian, sederhananya seberapa cepat kalian mendapatkan respon setelah mengirim permintaan. Ping diukur menggunakan satuan milidetik (miliseconds). Umumnya, semakin rendah nilai ping, semakin berkualitas koneksi internet kalian.

- Download speed menunjukkan seberapa cepat kalian bisa menarik data dari server menuju perangkat kalian. Download speed diukur dengan satuan megabits per second (Mbps).

- Upload speed menunjukkan seberapa cepat koneksi untuk mengirim data dari perangkat kalian ke orang lain. Indikator ini juga diukur dengan satuan megabits per second Mbps).




4. Cara Menggunakan Speedtest di PC

Pertama buka browser pilihan kalian dan masuk ke situs Speedtest.net. Kalian juga bisa mengunduh aplikasi Speedtest untk Windows dan macOS, tapi memang sedikit lebih ribet. Setelah itu klik tombol Go yang ada di tengah layar dan tunggu sejenak hingga tes selesai.

Tidak perlu menunggu lama, kalian bisa melihat hasil ping, kecepatan download dan upload. Hasil tes ini bisa kalian bagikan di media sosial dan kalian bisa mengecek hasil uji kecepatan koneksi internet sebelumnya di Results History.

5. Cara Menggunakan Speedtest di Smartphone

Pertama kalian harus mengunduh aplikasi Speedtest by Ookla lewat Google Play Store atau Apple App Store sesuai dengan smartphone kalian. Kalian juga bisa mengakses situs Speedtest.net yang sudah ramah mobile lewat browser pilihan.

Setelah selesai diunduh dan diinstal, klik tombol Go yang ada di tengah layar. Tunggu sebentar hingga proses tes selesai dan hasil uji kecepatan kalian sudah bisa dilihat.




Simak Video "Dipatok Harga Selangit, Leica Tegaskan Kualitas Kameranya"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/krs)