Senin, 29 Okt 2018 17:17 WIB

Tips & Trik

Trik Mudah Hasilkan Foto Lebih Keren Pakai Ponsel

Virgina Maulita Putri - detikInet
Ilustrasi kamera smartphone. Foto: Adi Fida Rahman/detikINET Ilustrasi kamera smartphone. Foto: Adi Fida Rahman/detikINET
Jakarta - Kamera smartphone yang makin canggih membuat mobile photography semakin populer. Namun, banyak yang masih belum memanfaatkan aplikasi kamera default secara maksimal dan lebih memilih menggunakan aplikasi kamera lain yang lebih canggih.

Tips dan trik berikut, seperti dikutip detikINET dari Gizmodo, Senin (29/10/201), dapat membantu kalian mengambil foto lebih baik menggunakan aplikasi kamera default di smartphone kalian. Semua tips ini akan berguna buat kalian yang menggunakan smartphone Android maupun iPhone.

1. Pelajari 'rule of thirds'

'Rule of thirds' merupakan panduan yang bisa diikuti untuk membingkai foto kalian supaya terlihat proporsional. Dengan kamera smartphone, kalian tidak perlu membayangkan bagaimana membagi objek foto kalian dalam sembilan segmen persegi panjang.

Dengan menampilkan grid, maka layar kalian terbagi menjadi sembilan segmen berbentuk persegi panjang. Untuk kamera di Android, cukup menuju ke Settings di aplikasi kamera dan cari submenu Grid lalu aktifkan.

Sedangkan untuk iOS, pilih menu Photos & Camera di aplikasi Settings, kemudian aktifkan toggle Grid.



2. Cari posisi yang stabil

Pegangan yang stabil sangat krusial untuk mobile photography, apalagi untuk mengambil foto dalam kondisi low light. Kalian bisa gunakan mobile tripod untuk menstabilkan smartphone.

Tapi jika tidak ada, bisa gunakan objek seperti dinding, meja dan sebagainya. Jangan lupa nyalakan self-timer jika ingin mengambil foto dari kamera yang ditaruh di meja atau lemari yang jauh.

3. Ubah fokus

Aplikasi kamera default memungkinkan kalian untuk mengubah fokus hanya dengan sekali tap di layar. Tidak hanya mengubah fokus, ini juga bisa mengubah tingkat exposure cahaya sesuai spot yang kalian pilih.

Untuk mengubah tingkat exposure, cukup menaikkan atau menurunkan indikator yang muncul dengan ikon bola lampu atau matahari. Cara ini bisa digunakan di kamera Android maupun iPhone.

4. Gunakan tombol shutter fisik

Untuk menjaga kamera yang tetap stabil sambil memencet tombol shutter di layar smartphone mungkin agak susah. Salah satu solusinya adalah menggunakan salah satu tombol volume di smartphone kalian menjadi tombol shutter fisik.

5. Gunakan mode HDR secara otomatis

Hampir semua kamera smartphone saat ini memiliki mode auto HDR (High Dynamic Range) yang jika diaktifkan akan menerapkan filter ini jika dibutuhkan. Jadi, bagian gelap dan bagian terang di foto kalian akan terlihat seimbang.

6. Manfaatkan cahaya alami maupun buatan

Untuk mendapatkan foto yang bagus, subjek yang mendapatkan cukup cahaya menjadi krusial. Jadi, perhatikan sekeliling dan lihat sumber cahaya apa yang dapat dimanfaatkan, misalnya sinar matahari atau lampu.

Tidak ada pendekatan yang pasti, namun pastikan subjek yang kalian foto dapat terlihat sejelas mungkin.

7. Ambil foto dengan mode 'burst'

Kamera smartphone saat ini sudah dilengkapi dengan mode 'burst'. Dengan mode ini, kalau kalian tidak pede mengambil satu foto dengan sekali klik, maka lebih baik mengambil banyak foto sekalian dan pilih yang paling bagus setelahnya.

Di smartphone Android dan iPhone, mode ini biasanya diaktifkan dengan memencet dan menahan tombol shutter di layar sesuai durasi yang diinginkan. Bahkan di beberapa smartphone Android ada fitur 'smart burst' yang dapat memilih foto terbaik.



8. Bersihkan lensa

Ini mungkin terdengar sepele, tapi lensa yang kotor dapat mempengaruhi hasil foto yang diambil. Jadi, penting untuk terus menjaga lensa kamera kalian tetap bersih.

Tidak perlu ribet, kain bersih saja sudah cukup untuk membersihkan lensa. Bisa juga gunakan cotton bud yang dibasahi untuk membersihkan kotoran yang menempel. (rns/rns)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed