Menkominfo: Sinyal 3G Akan Mati Secara Natural

Menkominfo: Sinyal 3G Akan Mati Secara Natural

ADVERTISEMENT

Menkominfo: Sinyal 3G Akan Mati Secara Natural

Agus Tri Haryanto - detikInet
Rabu, 04 Jan 2023 18:15 WIB
Jakarta -

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G. Plate merespon terkait masih adanya sinyal 3G di Indonesia.

Menurutnya, keberadaan jaringan 3G akan semakin menghilang seiring dengan hadirnya jaringan 4G yang terus dikembangkan oleh para operator seluler.

"Bahkan, hadirnya 5G karena itu secara komersial. Natural saja karena kalau sudah ada 4G pasti orang tidak menggunakan 3G," ujar Menkominfo ditemui usai kunjungan proyek Pusat Data Nasional (PDN) di Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Rabu (4/1/2023).

Lebih lanjut, sedangkan jaringan 2G masih ada karena masih dibutuhkan masyarakat, yang mana itu berbeda dengan 3G yang sifatnya sama dengan 4G untuk kebutuhan layanan data atau internet.

"Kalau data itu 3G, tapi kan lebih lambat dari 4G. Kalau sudah ada 4G, ya, 3G harus di-fade out kalau tidak rugi operatornya, yang kita minta lebih cepat kan lebih baik. Membangun 4G dengan fade out 3G-nya lebih akseleratif demi kepentingan masyarakat," tutur Johnny.

Di awal tahun 2022, Telkomsel, XL Axiata, dan Indosat Ooreodo Hutchison (IOH) yang memiliki layanan 3G, menyatakan kesiapannya menghapus jaringan 3G secara bertahap. Sedangkan Smartfren, operator tersebut sudah seluruhnya menggunakan jaringan 4G. Namun sampai akhir tahun, rupanya IOH yang sudah paling depan mematikan sinyal 3G di Indonesia.

"3G shutdown kita udah komplit. Sudah selesai," ujar Direktur & Chief Regulatory Officer IOH, Muhammad Danny Buldansyah

Presiden Direktur dan CEO XL Axiata Dian Siswarini menuturkan bahwa pihaknya belum bisa mematikan jaringan 3G dalam waktu dekat ini.

"Sekarang sudah tinggal sedikit lagi. Mungkin tahun depan habis. Diperkirakan dua kuartal lagi habis," ujar Dian.

Sedangkan Telkomsel belum lama ini menunda suntik mati layanan 3G dari tahun 2022 ke 2023. Adapun, progress peralihan jaringan dari 3G ke 4G yang dilakukan anak perusahaan Telkom sudah 70%.

Direktur Network Telkomsel Nugroho mengatakan proses peningkatan/pengalihan (upgrade) layanan jaringan 3G ke 4G dilakukan oleh Telkomsel secara bertahap dan terukur sejak Maret 2022 dengan menargetkan 504 kota/kabupaten wilayah populasi Indonesia. Sampai dengan saat ini, Telkomsel telah melakukan proses pengalihan layanan jaringan 3G ke 4G di 185 kota/kabupaten.

(agt/fyk)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT