Cara Ganti Kartu 3G ke 4G Telkomsel dan XL Axiata Terbaru 2023

Cara Ganti Kartu 3G ke 4G Telkomsel dan XL Axiata Terbaru 2023

ADVERTISEMENT

Cara Ganti Kartu 3G ke 4G Telkomsel dan XL Axiata Terbaru 2023

Agus Tri Haryanto - detikInet
Senin, 02 Jan 2023 15:45 WIB
Telkomsel mempermudah pelanggan dalam menukar atau yang ingin upgrade ke kartu 4G.
Cara ganti kartu 3G ke 4G untuk pelanggan Telkomsel dan XL Axiata. Foto: Telkomsel
Jakarta -

Seiring dengan perkembangan teknologi 4G dan aktivitas layanan digital yang semakin masif pada saat ini. Bagi kalian pelanggan 3G yang ingin bermigrasi, cara ganti kartu 3G ke 4G sangatlah mudah.

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) telah mengimbau agar para penyelenggara jasa telekomunikasi di tanah air ini mematikan jaringan 3G. Ajakan tersebut agar operator seluler lebih fokus mengembangkan jaringan 4G lebih optimal lagi dari sebelumnya.

Ada dua operator seluler yang sekarang masih menyisakan pelanggan 3G, yakni Telkomsel dan XL Axiata. Kedua operator seluler itu menyediakan cara agar pelanggan dengan mudah upgrade SIM card 3G ke 4G.

Dengan pelanggan beralih ke jaringan 4G, maka dampak yang dirasakan adalah akses internet yang lebih lancar dan cepat dibandingkan 3G. Dengan kata lain, pengguna tidak akan merasa lemot saat sedang berselancar di dunia maya.

Telkomsel

Ada beberapa mekanisme yang bisa dipilih oleh pelanggan Telkomsel untuk beralih dari jaringan 3G ke 4G, baik secara offline maupun online.

Online

  • Upgrade 3G ke 4G melalui e-Commerce (Shopee, Tokopedia, Bukalapak, JD.ID) serta layanan GraPARI Online di tsel.me/graparionline

Offline

  • Kunjungi GraPARI terdekat dengan membawa indentitas diri sepeti NIK dan KK. Pelanggan bisa mengecek kesesuaian data diri via akses USSD Menu Browser (USSD) *444# langsung dari smartphone detikers. Apabila ada ketidaksesuaian, diharapkan terlebih dahulu registrasi ulang dengen mengetik ULANGNIK#Nomor KK# lalu kirim SMS ke 4444.

XL Axiata

Ada dua cara mudah bagi pelanggan yang ingin mengetahui cara ganti kartu 3G ke 4G, yaitu:

  1. Ganti SIM card sendiri via Over The Air (OTA), dimana proses perpindahan profil nomor berlangsung secara nirkabel sehingga lebih mudah dan praktis. Pertama-tama pastikan pelanggan sudah membeli atau memiliki kartu XL/AXIS baru dengan logo "4G".

    Cara upgrade ke kartu XL/AXIS 4G sendiri via OTA:
    · Dengan Kartu XL/AXIS 3G Lama
    * Hubungi *123*46# lalu tekan 1
    * Ganti kartu lama dengan kartu XL 4G baru

    · Dengan Kartu XL/AXIS 4G Baru
    * Hubungi *123*46# lalu tekan 1
    * Restart smartphone
  2. Ganti SIM Card 3G ke 4G melalui XL Center Online di laman https://xl.co.id/bantuan/xlcenter atau kunjungi XL Center/XPLOR terdekat


Simak Video "Telkomsel Suntik Mati Jaringan 3G Hari Ini"
[Gambas:Video 20detik]
(agt/fay)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT