Indosat dan Smartfren Sudah Rilis eSIM, Telkomsel dan XL Axiata Kapan?

Indosat dan Smartfren Sudah Rilis eSIM, Telkomsel dan XL Axiata Kapan?

ADVERTISEMENT

Indosat dan Smartfren Sudah Rilis eSIM, Telkomsel dan XL Axiata Kapan?

Agus Tri Haryanto - detikInet
Jumat, 23 Des 2022 20:30 WIB
Cropped shot of a woman using a smartphone while relaxing on the sofa at home
Kapan Telkomsel dan XL Axiata menghadirkan produk eSIM atau SIM digital? Foto: iStock
Jakarta -

Tercatat sudah dua operator seluler menghadirkan produk eSIM atau SIM digital, yakni Smartfren dan terbaru Indosat Ooredoo Hutchison (IOH). Lalu, bagaimana dengan Telkomsel dan XL Axiata?

Vice President President Corporate Communications Telkomsel, Saki Hamsat Bramono, mengungkapkan bahwa Telkomsel saat ini terus meninjau atas implementasi teknologi eSIM, terutama dalam memastikan kesiapan ekosistem industri untuk mengadopsi perkembangan teknologi terbaru ini.

"Dalam perkembangan e-SIM di Indonesia, Telkomsel juga akan mentaati regulasi atau kebijakan yang dikeluarkan oleh pemerintah nantinya," ujar Saki kepada detikINET, Jumat (23/12/2022).

Begitu juga dengan XL Axiata. Anak perusahaan Axiata ini juga berupaya untuk terus berinovasi dan beradaptasi dengan perkembangan zaman dan teknologi baru.

"Salah satu teknologi yang sedang dikaji adalah penerapan teknologi eSIM. Secara jaringan, XL Axiata telah siap untuk implementasi eSIM, bahkan secara internal sejumlah karyawan XL Axiata telah menggunakan eSIM XL Axiata," tutur Group Head Corporate Communications XL Axiata, Retno Wulan.

Akan tetapi, kata Wulan, sebelum resmi merilis eSIM, XL Axiata perlu serta memastikan pengalaman konsumen tetap terjaga dengan baik. Sebab, operator seluler ini ingin ke depannya pelanggan dapat mengaktifkan eSIM dengan mudah tanpa kendala yang berarti.

"Oleh karena itu, XL Axiata masih melakukan pengkajian atas penerapan teknologi eSIM dan memastikan kesiapan ekosistem industri untuk mengadopsi teknologi terbaru ini," pungkas Wulan.

Sejauh ini implementasi eSIM masih dalam tahap awal di Indonesia. Sebelum Indosat Ooredoo Hutchison, hanya Smartfren yang menyediakan layanan tersebut.

Padahal smartphone yang mendukung eSIM sudah cukup banyak. Kendati saat ini masih terbatas ponsel flagship, teknologi baru ini kemungkinan akan diperluas ke ponsel kelas menang. Hal ini didorong oleh Apple yang telah menanggalkan sim card fisik di iPhone 14 seriesnya yang dijual di pasar Amerika Serikat.

Adapun smartphone yang mendukugn eSIM yang tersedia di Indonesia, jenis iPhone 11 ke atas, iPad mini, iPad generasi 7 ke atas, varian Samsung Galaxy flagship: seri Galaxy Note 20, seri Galaxy S21, seri Galaxy S22, seri Galaxy Z Flip dan Fold, Galaxy Watch4, seri Huawei P40, maupun Pixel 2 maupun yang lebih baru



Simak Video "Berapa Kecepatan Layanan 5G Indosat di Bali?"
[Gambas:Video 20detik]
(agt/rns)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT