Survei Opensignal 2022: Telkomsel dan XL Axiata Adu Kuat Operator Terbaik

Survei Opensignal 2022: Telkomsel dan XL Axiata Adu Kuat Operator Terbaik

ADVERTISEMENT

Survei Opensignal 2022: Telkomsel dan XL Axiata Adu Kuat Operator Terbaik

Agus Tri Haryanto - detikInet
Rabu, 14 Des 2022 14:20 WIB
Ilustrasi Smartphone
Di penghujung tahun 2022, perusahaan analitik seluler global, Opensignal, merilis analisis terbaru soal pengalaman jaringan dari operator seluler di Indonesia. Foto: Adi Fida Rahman/detikINET
Jakarta -

Perusahaan analitik seluler global, Opensignal, merilis analisis terbaru terkait pengalaman jaringan dari operator seluler di Indonesia. Hasilnya, Telkomsel dan XL Axiata dinobatkan sebagai yang paling oke.

Opensignal menganalisis lima operator seluler, yaitu Telkomsel, Smartfren, XL Axiata, dan Indosat Ooredoo Hutchison (IOH) yang dipisah jadi dua seperti belum merger, Indosat Ooredoo dan Hutchison 3 Indonesia (Tri). Pengumpulan data ini dilakukan dari 1 Agustus sampai 30 Oktober 2022.

Seperti edisi laporan sebelumnya, Opensignal juga membaginya ke dalam sembilan kategori pengukuran soal pengalaman jaringan seluler ini, yaitu Pengalaman Video, Pengalaman Game, Pengalaman Aplikasi Suara, Pengalaman Kecepatan Unduhan, Pengalaman Kecepatan Unggahan, Ketersediaan, Pengalaman Cakupan 4G, Kualitas Konsistensi Luar Biasa, dan Kualitas Konsistensi.

Meski sama kategorinya, ternyata ada pergeseran yang jadi juara pada kategori-kategori tersebut. Seperti Pengalaman Game dan Pengalaman Aplikasi Suara yang tadinya dimenangkan oleh Tri kini beralih ke tangan XL Axiata.

Sedangkan Telkomsel tetap sama menjuarai soal pengalaman kecepatan unggahan, Pengalaman Cakupan 4G, Kualitas Konsistensi Luar Biasa, dan Kualitas Konsistensi inti. Begitu juga dengan Smartfren yang masih nomor wahid urusan Keterediaan.

"Analisis terbaru Opensignal tentang pasar seluler Indonesia mengungkap persaingan antara Telkomsel dan XL dalam hal pengalaman jaringan seluler pengguna," kata Opensignal dalam laporannya, Rabu (14/12/2022).

Hasil analisis terbaru Opensignal terkait pengalaman jaringan seluler di Indonesia.Hasil analisis terbaru Opensignal terkait pengalaman jaringan seluler di Indonesia. Foto: Opensignal

XL Axiata berada di posisi teratas untuk hasil pengukuran Pengalaman Video, Game, dan Aplikasi Suara di Indonesia, di mana pengguna smartphone di XL menikmati kualitas pengalaman terbaik yang tersedia saat streaming video, bermain game seluler multiplayer, atau menggunakan layanan suara over the top (OTT).

Anak perusahaan Axiata ini juga dinobatkan sebagai pemenang penghargaan pengalaman Kecepatan Unduhan. Opensignal mengatakan bahwa pengguna XL mencatat Pengalaman Kecepatan Unduhan tercepat di Indonesia, rata-rata 20,8 Mbps lebih unggul 18,2% di atas Telkomsel. Kecepatan unduhan ini mengalami peningkatan rata-rata sebesar 2,1 Mbps atau 10,9% sejak laporan Opensignal sebelumnya dirilis pada Juli 2022.

Sementara itu, Telkomsel memiliki pengalaman paling konsisten. Operator seluler yang identik warna merah ini memenangkan penghargaan kualitas Excellent Consistent dan Core Consistent dua kali berturut-turut dalam laporan pengalaman seluler Opensignal.

Telkomsel juga Unggul dalam Pengalaman Jangkauan 4G: Dengan skor 8,8 pada skala 10 poin, Telkomsel memenangkan penghargaan Pengalaman Jangkauan 4G, mengungguli XL (6,5) dan Indosat (6,4). Pengalaman Jangkauan 4G Opensignal menganalisis tempat menerima sinyal 4G relatif terhadap lokasi yang dikunjungi pelanggan operator jaringan.

Dengan hasil analisis yang dilakukan Opensignal ini memperlihatkan persaingan ketat antara Telkomsel dan XL Axiata yang tampak saat ini berimbang.

Bersamaan dengan analisis nasional yang Opensignal lakukan, mereka juga memeriksa pengalaman jaringan seluler penggunanya di 10 wilayah utama di Indonesia.

"Kami menggunakan pengukuran 5G selain pengukuran teknologi jaringan seluler generasi lama saat menentukan skor keseluruhan untuk setiap kategori penghargaan," ungkap Opensignal.



Simak Video "Berapa Kecepatan Layanan 5G Indosat di Bali?"
[Gambas:Video 20detik]
(agt/fay)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT