Daftar 18 Area yang Terdapat Sinyal 5G XL Axiata, Wilayah Kalian Termasuk?

Daftar 18 Area yang Terdapat Sinyal 5G XL Axiata, Wilayah Kalian Termasuk?

ADVERTISEMENT

Daftar 18 Area yang Terdapat Sinyal 5G XL Axiata, Wilayah Kalian Termasuk?

Agus Tri Haryanto - detikInet
Senin, 12 Des 2022 08:15 WIB
5g XL Axiata
XL Axiata merupakan salah satu operator seluler yang telah diberi restu untuk mengkomersialisasikan layanan 5G. Foto: Adi Fida Rahman/detikINET
Jakarta -

XL Axiata merupakan salah satu operator seluler yang telah diberi restu untuk mengkomersialisasikan layanan 5G. Ada di mana saja sinyal 5G XL Axiata tersebut?

XL Axiata mengantongi Surat Keterangan Laik Operasi (SKLO) 5G dari Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) sejak 12 Agustus 2021. Namun sampai saat ini, operator seluler ini belum jualan layanan 5G ke publik.

Kendati begitu, masyarakat, khususnya para pelanggan XL Axiata bisa menjajal jaringan seluler generasi kelima itu secara gratis.

"Saat ini XL Axiata masih fokus untuk memberikan edukasi kepada pelanggan dengan menyediakan kesempatan untuk mencoba langsung secara gratis jaringan 5G XL Axiata, tersedia di 18 area yang tersebar di 13 kota yaitu Jakarta, Tanggerang, Depok, Bekasi, Bandung, Yogya, Surabaya, Medan, Banjarmasin, Makassar, Palembang, Pekanbaru, dan Denpasar," ujar Group Head Corporate Communications XL Axiata Retno Wulan dalam keterangan tertulisnya kepada detikINET.

Untuk menghadirkan layanan 5G secara gratis ini, XL Axiata memanfaatkan teknologi Dynamic Spectrum Sharing (DSS) untuk mengatasi persoalan keterbatasan spektrum.

Daftar 18 area yang terdapat sinyal 5G XL Axiata sebagai berikut :

  1. XL Center XL Axiata Tower - Jakarta
  2. XCamp Axiata Tower - Jakarta
  3. XL Center Ciputra World Kuningan Jakarta
  4. XL Center Central Park Jakarta
  5. XL Center Bandung
  6. XL Center Medan
  7. XL Center Yogyakarta
  8. XL Center Surabaya
  9. XL Center Banjarmasin
  10. XL Center Palembang
  11. XL Center Makasar
  12. XL Center Pekanbaru
  13. XL Center Denpasar
  14. XL Center Bintaro Xchange Tangerang
  15. Jl. Margonda Raya Depok
  16. Gedung Sate Bandung
  17. Poltek Astra Jakarta
  18. IPB Bogor


Selain itu, untuk mendukung kesuksesan pelaksanaan ajang G20 di Bali beberapa waktu yang lalu, XL Axiata menyediakan layanan 5G di 17 titik dengan frekuensi 2,1 GHz DSS dan 3,5 GHz. 17 titik tersebut berlokasi di antara di antara lain Bandara Internasional Ngurah Rai, Bali Nusa Dua Convention Center (BNDCC), Apurva Kempinski, dan Pantai Sanur.

Sedangkan, untuk wilayah Jakarta ada tambahan 33 titik yang mendukung 5G dengan menggunakan frekuensi 2,1 GHz DSS.

Untuk diketahui saat ini XL Axiata belum memiliki spektrum yang mencukupi untuk memberikan layanan 5G yang optimal. Saat ini spektrum yang ada lebih dimaksimalkan untuk jaringan 4G LTE di mana permintaan trafiknya cukup tinggi.

"Ke depannya, seiring dengan tersedianya spektrum khusus untuk 5G serta perkembangan permintaan yang ada, XL Axiata secara bertahap akan terus melakukan penambahan cakupan layanan 5G," pungkas Retno.



Simak Video "Teknologi COP di Balik Layar Lengkung realme 10 Pro+ 5G"
[Gambas:Video 20detik]
(agt/afr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT