Telkomsel Hadirkan Paket Bebas Telepon-SMS untuk Korban Gempa Cianjur

Telkomsel Hadirkan Paket Bebas Telepon-SMS untuk Korban Gempa Cianjur

ADVERTISEMENT

Telkomsel Hadirkan Paket Bebas Telepon-SMS untuk Korban Gempa Cianjur

Atta Kharisma - detikInet
Selasa, 22 Nov 2022 20:00 WIB
Telkomsel Peduli Bencana Cianjur
Foto: Telkomsel
Jakarta -

Telkomsel menghadirkan paket khusus dengan harga Rp 10 bebas telepon dan SMS untuk para korban bencana gempa bumi di Cianjur, Jawa Barat. Hal ini merupakan salah satu upaya Telkomsel untuk mempercepat pemulihan layanan dan jaringan telekomunikasi yang terdampak bencana gempa berkekuatan 5.6 magnitudo yang terjadi Senin (21/11) kemarin.

General Manager Consumer Sales Region Jawa Barat Telkomsel Abdi Januar Putra menyampaikan paket khusus tersebut memungkinkan masyarakat yang terdampak gempa di Cianjur untuk memperoleh akses telepon dan SMS ke semua operator. Sehingga, mereka tetap dapat berkomunikasi dengan keluarga maupun kerabat.

Selain menghadirkan paket khusus, Telkomsel juga memberikan bantuan berupa Mobile Backup Power (MBP) atau genset untuk mengatasi kebutuhan pasokan listrik di sejumlah lokasi BTS terdampak, serta menyalurkan bantuan sosial seperti bantuan paket sembako, makanan siap saji dan paket sanitasi.

"Telkomsel turut berduka atas terjadinya bencana gempa di Cianjur Jawa Barat. Saat ini kami telah mengerahkan tim TERRA (Telkomsel Emergency Response & Recovery Activity) untuk percepatan pemulihan layanan jaringan telekomunikasi, pendirian posko darurat dan menyalurkan bantuan kemanusiaan untuk meringankan beban masyarakat yang terdampak bencana alam gempa bumi. Kami terus mengupayakan akses telekomunikasi yang sempat terdampak dapat segera dipulihkan, terutama di sejumlah kecil di wilayah Cianjur dan sekitarnya," ujar Abdi dalam keterangan tertulis, Selasa (22/11/2022).

Abdi menjelaskan kondisi jaringan Telkomsel pasca bencana di Cianjur secara umum masih berjalan normal. Kendati demikian, di sejumlah titik di wilayah yang terdampak bencana dan mengalami pemadaman listrik terdapat penurunan kualitas jaringan Telkomsel.

Untuk mempercepat pemulihan jaringan akibat pemadaman listrik, Telkomsel telah mengoperasikan Mobile Backup Power (MBP) atau genset untuk mendukung operasional BTS yang terdampak agar pelanggan dapat menikmati kembali layanan Telkomsel dengan normal.

Abdi menuturkan untuk memberi kenyamanan komunikasi bagi masyarakat yang terdampak bencana, Telkomsel menghadirkan paket khusus Rp 10 yang dapat digunakan untuk akses bebas telepon dan SMS ke semua operator selama 50 menit dan 200 SMS yang berlaku selama 7 hari dari 22-30 November 2022. Paket tersebut dapat diaktifkan melalui menu UMB *888*20#.

Abdi menambahkan Telkomsel bekerja sama dengan BNPB mengerahkan tim unit siaga bencana yang bernama tim TERRA (Telkomsel Emergency Response & Recovery Activity) untuk membantu proses percepatan evakuasi dan mendirikan beberapa posko, serta serta menyalurkan bantuan sosial kemanusiaan sebagai bentuk kepedulian kepada para korban.

(fhs/ega)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT