Cara Menggunakan Fitur Safety Check Facebook untuk Gempa Cianjur

Cara Menggunakan Fitur Safety Check Facebook untuk Gempa Cianjur

ADVERTISEMENT

Cara Menggunakan Fitur Safety Check Facebook untuk Gempa Cianjur

Fitraya Ramadhanny - detikInet
Selasa, 22 Nov 2022 12:41 WIB
Sejumlah anak-anak korban gempa mendapatkan perawatan di kawasan RSUD Sayang Cianjur, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, Selasa (22/11/2022). Menurut data BPBD Pemprov Jabar mengatakan saat ini korban meninggal dunia adalah 162 orang dan mayoritas korbanya adalah anak-anak.
Anda selamat dari Gempa Cianjur, ayo pakai fitur Safety Check Facebook (Foto: Pradita Utama/detikcom)
Jakarta -

Banyak orang mencari sanak famili di Cianjur usai gempa M 5,6. Ayo pakai fitur khusus Safety Check di Facebook agar semua tahu Anda selamat dari gempa.

Gempa M 5,6 di Cianjur berdampak pada rusaknya infrastruktur telekomunikasi. Plt Dirjen Penyelenggaraan Pos dan Informatika (PPI) Kementerian Kominfo, Ismail mengatakan banyak BTS terputus saluran listriknya.

Hingga Senin, 18.30 WIB malam Telkomsel memulihkan 118 BTS, Indosat Ooredoo Hutchison memulihkan 10 BTS di Sukabumi dan 81 BTS di Cianjur. XL Axiata memulihkan 63 BTS dan Smartfren memulihkan 12 BTS.

Akibat hal tersebut, banyak warga yang kesulitan berkomunikasi. Banyak netizen kesulitan menghubungi teman dan keluarga yang tinggal di Cianjur.

Nah, jika Anda tinggal di Cianjur dan sudah bisa mendapat sinyal, manfaatkan fitur khusus yang ada di Facebook untuk memberi tahu semua orang, kalau Anda aman.

Facebook memiliki layanan Crisis Response yang muncul ketika terjadi bencana alam. Gempa terbaru di Cianjur juga sudah ditampilkan di sini dan bisa Anda coba.

Cara memakai fitur Safety Check di Facebook untuk Gempa Cianjur:

  1. Klik Crisis Response Facebook untuk gempa Cianjur. Silakan KLIK DI SINI. Anda bisa juga cari Crisis Response gempa Cianjur, dari pencarian di Facebook dengan ketik 'Earthquake Cianjur' atau 'Gempa Cianjur'
  2. Di halaman Crisis Response, Facebook akan bertanya apa Anda di area terdampak? Pilih Ya atau Yes
  3. Facebook akan menyarankan beri tahu teman bahwa Anda aman. Klik tombol 'I'm Safe'
  4. Semua teman di Facebook akan dapat notifikasi kalau Anda selamat

Dalam halaman Crisis Response Facebook untuk gempa di Cianjur, pengguna bisa melihat semua postingan dari orang yang minta tolong atau menawarkan bantuan. Anda juga bisa klik 'Request or offer help'.

Ada juga semua postingan terkait gempa Cianjur, tips keamanan, postingan berita dan video terbaru terkait gempa di Cianjur. Silakan manfaatkan fitur ini ya, detikers, agar kerabat yang terhubung di medsos tahu kalau Anda baik-baik saja.



Simak Video "KuTips: Cek Keselamatan Korban Gempa di Fitur Safety Check Facebook"
[Gambas:Video 20detik]
(fay/fyk)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT