Dampak Gempa, Jaringan Telkomsel, XL, dan Indosat Down di Cianjur

Dampak Gempa, Jaringan Telkomsel, XL, dan Indosat Down di Cianjur

ADVERTISEMENT

Dampak Gempa, Jaringan Telkomsel, XL, dan Indosat Down di Cianjur

Agus Tri Haryanto - detikInet
Senin, 21 Nov 2022 20:00 WIB
Gempa bumi yang terjadi di Kabupaten Cianjur dengan kekuatan 5,6 magnitudo menghancurkan bangunan di daerah Kadidampit, Cilaku.
Dampak Gempa Magnitudo 5,6, Jaringan Telkomsel, XL, dan Indosat Down di Cianjur. Foto: Siti Fatimah
Jakarta -

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) mengungkapkan kondisi terkini jaringan telekomunikasi usai terjadinya gempa di Cianjur, Jawa Barat. Bahkan kekuatan gempa tersebut sampai kerasa ke wilayah Jabodetabek.

Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik (Dirjen IKP) Kementerian Kominfo, Usman Kansong, mengatakan bahwa jaringan telekomunikasi untuk operator seluler seperti Telkomsel, Indosat Ooredoo Hutchison, sampai XL Axiata mengalami down.

Disampaikan Usman, untuk Telkomsel ada sebanyak 73 Base Transceiver Station (BTS) yang down dari roral 245 site atau 29,8% dai wilayah Cianjur.

"Untuk mitigasi Telkomsel menyediakan supply power cadangan, seperti Mobile Backup Power (MBP) dan genset portable. Terkait kendala, supply listrik dari PLN terputus," ujar Usman, Senin (21/11/2022).

"Telkomsel masih berupaya keras dalam pemulihan sebagian BTS-BTS yang terdampak bencana gempa dengan terus memberikan komitmen kapasitas dan kualitas layanan telekomunikasi terbaik kepada masyarakat," sambungnya.

Kemudian, Indosat Ooredoo Hutchison, kata Kominfo, ada 79 site yang mati karena putusnya aliran listrik dari PLN. Mengenai status saat ini, operator yang baru merger ini sedang melakukan monitoring.

Sedangkan, XL Axiata ada 130 site 4G yang terdampak sampai down, begitu juga 130 site 3G yang mengalami hal serupa. Namun secara keseluruhan layanan jaringan XL Axiata diklaim aman.

Lalu Smartfren sendiri, Usman mengatakan kondisi BTS anak perusahaan Sinar Mas itu statusnya aman.

"Dan, Telkom secara umum kondisi network backbone Telkom dalam kondisi aman. Pertama transport DWDM dinyatakan aman tidak ada yang putus, link metro-E juga aman tidak ada yang down, dan power catuan STO Cianjur posisi PLN off, saat ini catuan via genset STO," pungkas Usman.



Simak Video "Kapolri Pastikan Beri Trauma Healing untuk Para Korban Gempa Cianjur"
[Gambas:Video 20detik]
(agt/fay)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT