Perkawinan IndiHome dan Telkomsel Diumumkan Awal 2023

Perkawinan IndiHome dan Telkomsel Diumumkan Awal 2023

ADVERTISEMENT

Perkawinan IndiHome dan Telkomsel Diumumkan Awal 2023

Agus Tri Haryanto - detikInet
Selasa, 25 Okt 2022 19:46 WIB
Jakarta -

Proses perkawinan antara layanan fixed broadband IndiHome milik Telkom dan layanan seluler Telkomsel masih terus berlangsung. Ditargetkan, keduanya akan resmi digabungkan pada awal 2023.

Dengan penggabungan IndiHome dan Telkomsel ini akan melahirkan produk fixed mobile convergent (FMC) yang dapat dimanfaatkan masyarakat akan kebutuhan akses internet.

"Iya, mudah-mudahan awal 2023 ini kita sudah bisa diumumkan. Kalau produk FMC sekarang ini sudah ada antara IndiHome dan Telkomsel itu bundling jadi satu itu namanya IndiHome Orbit sudah FMC, cuma antar kuota satu dan sama lainnya masih sendiri-sendiri," ujar Vice President Marketing Management Telkom, E Kurniawan di Jakarta, Selasa (25/10/2022).

Sedangkan, ketika sudah resmi digabungkan, maka produk FMC tersebut pembayarannya itu hanya satu pintu saja, sehingga akan memudahkan pelanggan.

"Nah yang ke depan itu lebih ke pengelolaan yang terintegrasi, baik teknologi maupun bisnis. Jadi, yang terintegrasi itu tidak hanya teknologi saja, tetapi juga bisnis," ucapnya menjelaskan.

Kurniawan menjelaskan saat ini proses perkawinan IndiHome dan Telkomsel ini masih dalam integrasi. Bersamaan dengan itu, perizinan juga sedang dilakukan mereka untuk merealisasikan penggabungan dua unit bisnis tersebut.

"Izinnya IndiHome ada di siapa? Telkom. Kalau FMC dialihkan ke business to customer, pasti ada pembicaraan lebih ke situ. Aset yang digelar saat ini, kemarin kan oleh Telkom, kalau ada peralihan bisnis ada hitung-hitungan," tuturnya.

Dengan perkawinan IndiHome dan Telkomsel, maka Telkom akan fokus pada Business to Business (B2B) dan Telkomsel menyasar yang berkaitan dengan Business to Consumer (B2C).

"Telkom akan fokus ke B2B, Telkomsel lebih ke B2C, jadi urusan ritel itu Telkomsel," pungkasnya.

(agt/fay)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT