AS Minta Elon Musk Gelar Layanan Starlink di Iran

AS Minta Elon Musk Gelar Layanan Starlink di Iran

ADVERTISEMENT

AS Minta Elon Musk Gelar Layanan Starlink di Iran

Anggoro Suryo - detikInet
Senin, 24 Okt 2022 07:45 WIB
Starlink: Mengapa Elon Musk luncurkan ribuan satelit ke ruang angkasa?
Peluncuran satelit Starlink. Foto: BBC Magazine
Jakarta -

Pemerintah Amerika Serikat disebut tengah membujuk Elon Musk untuk menggelar layanan internet satelit Starlink di Iran.

Layanan Starlink di Iran tersebut diharapkan bisa membantu warga Iran mengatasi berbagai pemblokiran internet yang dilakukan di negara tersebut. Terutama setelah aksi demo besar-besaran memprotes kematian Mahda Amini setelah ditahan polisi moral.

Pada September lalu pemerintah AS pun sudah membuka keran ekspor ke iran khusus untuk perangkat internet satelit. Jadi Starlink tak membutuhkan lisensi khusus untuk menggelar layanan internet satelit di negara yang masih terkena sanksi impor tersebut.

Musk sendiri sebelumnya sudah menyebut akan mengaktifkan Starlink setelah Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken akan mengambil langkah untuk memberikan kebebasan berinternet dan mendapat informasi bagi warga Iran, demikian dikutip detikINET dari Reuters, Senin (24/10/2022).

Di sisi lain, Presiden Iran Ebrahim Eraisi sebelumnya menuding Presiden AS Joe Biden telah 'menghasut kekacauan' dalam unjuk rasa yang marak menyusul kematian seorang wanita muda bernama Mahsa Amini usai ditahan polisi moral. Tuduhan itu dilontarkan Raisi setelah Biden menyampaikan dukungan terhadap unjuk rasa di Iran.

"Pernyataan Presiden Amerika, yang menghasut kekacauan, teror dan kehancuran negara lainnya, menjadi pengingat kata-kata abadi pendiri Republik Islam ini, yang menyebut Amerika sebagai Setan Besar," ucap Raisi merujuk pada komentar mendiang Ayatollah Ruhollah Khomenei, seperti dilansir AFP, Senin (17/10/2022).

Iran dilanda rentetan unjuk rasa di berbagai wilayahnya sejak Amini (22) diumumkan meninggal dunia pada 16 September lalu, atau tiga hari setelah dia ditangkap polisi moral di Teheran atas dugaan melanggar aturan berpakaian yang ketat bagi wanita di negara tersebut.

Unjuk rasa yang berujung kerusuhan dan diwarnai tindak kekerasan di jalanan telah memicu puluhan kematian, yang tidak hanya berasal dari para demonstran namun juga personel pasukan keamanan Iran. Ratusan demonstran juga ditangkap oleh otoritas Iran.



Simak Video "Elon Musk Pastikan SpaceX Tetap Danai Internet Starlink Gratis di Ukraina"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/afr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT