Fokus KTT G20, Telkomsel Jamin Layanan untuk Warga Tetap Stabil

ADVERTISEMENT

Fokus KTT G20, Telkomsel Jamin Layanan untuk Warga Tetap Stabil

Virgina Maulita Putri - detikInet
Kamis, 20 Okt 2022 14:45 WIB
Telkomsel mempermudah pelanggan dalam menukar atau yang ingin upgrade ke kartu 4G.
Fokus KTT G20, Telkomsel Jamin Layanan untuk Warga Tetap Stabil. Foto: Telkomsel
Bali -

Telkomsel sudah melakukan beberapa peningkatan untuk mengamankan kualitas jaringan selama gelaran Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Bali. Meski fokus ke KTT G20, Telkomsel memastikan layanan yang diberikan untuk publik tidak akan mengalami penurunan.

"Apakah karena fokus ke G20 apakah akan ada risiko service degradation, penurunan kualitas layanan untuk publik? Saya pastikan tidak," kata Direktur Network Telkomsel Nugroho dalam konferensi pers Telkomsel di Kuta, Bali, Rabu (19/10/2022).

Hal tersebut juga diamini oleh Vice President Network Service Management Area Jawa Bali Telkomsel Juanita Erawati yang mengatakan anggapan bahwa peningkatan jaringan di lokasi-lokasi G20 akan menyedot kapasitas di luar area tidak benar.

"Apakah lokasi-lokasi G20 ini seolah-olah akan menyedot kapasitas dari di luar area G20? Tidak, karena di area G20 itu kita tambah sementara di luarnya seperti apa yang ada sekarang," ujar Juanita dalam kesempatan yang sama.

"Kita punya mekanisme-mekanisme, ada tools-tools gitu ya untuk melihat kesehatan network kita. Kalau ini butuh kapasitas kita akan tambah kapasitas. Kalau ini ada problem itu akan alert juga di kita, itu yang akan kita follow up," imbuhnya.

Telkomsel sendiri mengerahkan 682 BTS 4G dan 5G serta 11 unit Compact Mobile BTS (Combat) di lokasi-lokasi KTT G20. Ratusan BTS itu merupakan bagian dari total 7.801 BTS yang ada di Provinsi Bali.

Operator plat merah itu menggelar infrastruktur tambahan berupa 88 BTS 4G serta 39 BTS 5G. Telkomsel optimis jaringan tersebut sudah lebih dari cukup untuk mendukung kelancaran KTT G20 karena sudah jauh lebih tinggi dari throughput minimal yang dijanjikan.

Nugroho menjelaskan Telkomsel menjanjikan throughput minimal hingga 3Mbps untuk kota-kota besar dan padat penduduk. Khusus untuk G20, Telkomsel berhasil mencatat hasil speed test minimal 100 Mbps hingga 1,1 Gbps di lokasi-lokasi rangkaian acara KTT G20.

"Kenapa kita harus menyediakan jauh di atas minimum throughput yang kita janjikan? Karena seiring dengan makin bertambahnya jumlah pelanggan yang menggunakan jaringan di suatu lokasi maka throughput-nya akan terbagi sehingga dengan throughput yang kita tunjukkan dari hasil speed test itu saya bisa pastikan itu akan cukup untuk melayani seluruh tamu G20 plus publik yang ada selama ini," jelas pria yang kerap disapa Nugi ini.



Simak Video "Persiapan KTT G20 Bali"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/fyk)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT