Wuussh! Internet di Shanghai dan Beijing Tercepat di Dunia

Wuussh! Internet di Shanghai dan Beijing Tercepat di Dunia

ADVERTISEMENT

Wuussh! Internet di Shanghai dan Beijing Tercepat di Dunia

Agus Tri Haryanto - detikInet
Rabu, 19 Okt 2022 10:21 WIB
Asian business woman looking far away while using her smartphone on the street of London.
Speedtest: Shangai dan Beijing Kota Internet Tercepat di Dunia. Foto: iStock
Jakarta -

Tak hanya memetakan peringkat kecepatan internet di berbagai negara, Speedtest by Ookla kini memperluasnya dengan menampilkan kinerja internet seluruh kota di belahan dunia.

Pengukuran koneksi internet di kota itu bisa dilihat pada bagian Speedtest Global Index. Tepat di bagian atasnya, kalian bisa memilih peringkat kecepatan internet berdasarkan kota atau negara.

"Hari ini kami telah memperluas sumber daya itu untuk menyertakan peringkat kecepatan internet untuk beberapa kota terbesar di dunia," ujar Ookla dikutip dari situsnya, Rabu (19/10/2022).

Seperti versi negara, di bagian kota ini juga terbagi ke dalam dua bagian, yakni kinerja internet mobile dan fixed broadband. Di kategori mobile ada 170 kota besar yang diukur, sedangkan fixed broadband lebih banyak mencapai 193 kota besar.

Untuk Speedtest Global Index bulan September 2022 ini mengacu pada data Speedtest Intelligence kuartal ketiga 2022 dari 34 negara.

Sebagai informasi, kota yang diambil Speedtest ini tidak hanya berstatus ibu kota negara saja, tapi juga melibatkan dua kota besar di negara tersebut. Kriteria kota ini juga harus memiliki lebih dari 500 ribu penduduk dan sampel yang cukup untuk dimasukkan ke dalam daftar.

"Indeks Global Speedtest menunjukkan China menduduki puncak daftar dengan Shanghai sebagai kota tercepat di daftar kami untuk seluler dengan kecepatan unduh rata-rata 158,63 Mbps, sementara Beijing tercepat untuk broadband tetap selama September 2022 pada 238,86 Mbps," ungkap OpenSignal.

Daftar kota dengan kecepatan internet mobile dan fixed broadband paling ngebut di dunia.Daftar kota dengan kecepatan internet mobile dan fixed broadband paling ngebut di dunia. Foto: Speedtest by Ookla

Shanghai menjuarai kota dengan kecepatan internet mobile paling ngebut di dunia. Di kota ini, download bisa mencapai 158,63 Mbps, upload 24,32 Mbps, latensi 17 ms. Sedangkan di fixed broadband, Shanghai hanya menempati urutan ketiga dengan download 221,85 Mbps, upload 49,72 Mbps, dan latensi 5 ms.

Sementara itu, Beijing unggul di urusan fixed broadband dengan kecepatan internet download 238,86 Mbps, upload 37,75 Mbps, dan latensi 7 ms. Kalau untuk koneksi mobile, ibu kota China itu ada urutan kelima dengan download 145,76 Mbps, upload 26,26 Mbps, dan latensi 18 ms.

Bagaimana dengan Indonesia? ada satu kota dan satu lagi provinsi, yaitu Bekasi dan Jakarta Selatan. Keduanya menempati masing-masing 134 dan 136 di kategori mobile, 136 dan 137 di kategori fixed broadband.

[Gambas:Youtube]



(agt/fay)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT