Wow! Internet Kota Bekasi Paling Ngebut di Indonesia

Wow! Internet Kota Bekasi Paling Ngebut di Indonesia

ADVERTISEMENT

Wow! Internet Kota Bekasi Paling Ngebut di Indonesia

Agus Tri Haryanto - detikInet
Rabu, 19 Okt 2022 05:45 WIB
Ilustrasi Smartphone
Bekasi Jadi Kota Besar Indonesia yang Internetnya Paling Ngebut. Foto: Adi Fida Rahman/detikINET
Jakarta -

Speedtest, situs yang menyediakan pengujian kecepatan internet, turut mengukur koneksi di berbagai kota-kota besar dunia, termasuk Indonesia. Faktanya, Bekasi adalah kota besar di Indonesia yang punya kecepatan internet paling ngebut.

Biasanya Speedtest hanya menyusun daftar peringkat kecepatan internet negara setiap bulannya, tetapi kini layanan besutan Ookla itu turut menampilkan peringkat kota terbesar yang punya koneksi oke untuk berselancar di dunia maya.

Kalian bisa menemukan data peringkat kota-kota besar dengan kecepatan internet paling kencang ini di situs Speedtest, tepatnya pada bagian Speedtest Global Index. Di sana nanti detikers menekan tombol untuk memilih "Country" atau "City" di bagian atasnya.

Adapun kriteria kota besar yang masuk dalam daftar Speedtest Global Index itu dua kota terbesar dari masing-masing negara. Kota tersebut juga harus memiliki lebih dari 500 ribu penduduk dan cukup untuk dimasukkan ke dalam sampel.

Hasilnya, peringkat kota-kota besar tersebut urutannya menurut kecepatan unduh alias download rata-rata berdasarkan data Speedtest. Seperti versi negara, di kota besar ini juga dibagi dua kategori, internet mobile dan fixed broadband.

Nah, Speedtest Global Index untuk bulan September 2022 ini menunjukkan kalau dua kota besar China unggul di masing-masing kategori. Shanghai merajai kecepatan internet mobile download 158,63 Mbps dan Beijing unggul pada kategori fixed broadband yang melesat sampai 238,86 Mbps.

Untuk Indonesia ada dua perwakilan, yaitu Bekasi dan Jakarta Selatan. Rupanya Bekasi mengungguli Jakarta Selatan soal kecepatan internet mobile dan fixed broadband.

Kinerja koneksi kecepatan internet kota yang diukur oleh Speedtest by Ookla pada laporan Speedtest Global Index per September 2022.Kinerja koneksi kecepatan internet Kota Bekasi yang diukur oleh Speedtest by Ookla pada laporan Speedtest Global Index per September 2022. Foto: Speedtest by Ookla

Di kategori mobile, kecepatan internet Bekasi menyentuh 16,47 Mbps yang menempatkannya di posisi 134 dari 170 kota besar di dunia. Sedangkan, Jakarta Selatan dengan 16,14 Mbps ada di peringkat ke 136.

Sedangkan kategori fixed brodband, Bekasi kecepatan internetnya 27,04 Mbps dengan menduduki ranking 136 dari 193 kota besar di dunia. Sementara, Jakarta Selatan ada di ranking 137 dengan kecepatan internet 27,00 Mbps.

Kinerja koneksi kecepatan internet kota yang diukur oleh Speedtest by Ookla pada laporan Speedtest Global Index per September 2022.Kinerja koneksi kecepatan internet Jakarta Selatan yang diukur oleh Speedtest by Ookla pada laporan Speedtest Global Index per September 2022. Foto: Speedtest by Ookla

Setiap bulannya, Ookla akan memperbarui data Speedtest Global Index setiap bulannya seiring dengan pemerintah setempat dan penyedia internet di negara tersebut membangun infrastruktur mereka untuk melayani konsumen dengan lebih baik.

Akankah kota-kota besar Indonesia ini naik peringkatnya, detikers?



Simak Video "10 Negara dengan Kecepatan Internet Tertinggi di Dunia "
[Gambas:Video 20detik]
(agt/fay)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT