Kalahkan XL Axiata, Telkomsel Menang Lelang Frekuensi 2,1 GHz

ADVERTISEMENT

Kalahkan XL Axiata, Telkomsel Menang Lelang Frekuensi 2,1 GHz

Agus Tri Haryanto - detikInet
Kamis, 06 Okt 2022 13:08 WIB
Logo Telkomsel
Kalahkan XL Axiata, Telkomsel Menang Lelang Frekuensi 2,1 GHz. Foto: Telkomsel
Jakarta -

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) mengumumkan hasil lelang frekuensi 2,1 GHz. Telkomsel menawarkan harga lebih tinggi dari XL Axiata.

Dalam keterangan tertulis, Kamis (6/10/2022) lelang frekuensi 2,1 GHz ini, Telkomsel menawarkan Rp 605 miliar untuk 1 (satu) blok pita frekuensi radio 5 MHz FDD (2 x 5 MHz) pada rentang 1.975-1.980 MHz berpasangan dengan 2.165-2.170 MHz dengan cakupan wilayah layanan nasional. Tawaran Telkomsel ini lebih tinggi dari XL Axiata.

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) mengumumkan hasil lelang frekuensi 2,1 GHz, di mana Telkomsel menawarkan harga tertinggi dari XL Axiata.Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) mengumumkan hasil lelang frekuensi 2,1 GHz, di mana Telkomsel menawarkan harga tertinggi dari XL Axiata. Foto: Screenshot

Seiring dengan pengumuman ini, Kominfo mengungkapkan sesuai ketentuan pada dokumen seleksi Pengguna Pita Frekuensi Radio 2,1 GHz untuk Keperluan Penyelenggaraan Jaringan Bergerak Seluler Tahun 2022 Peserta Seleksi dapat menyampaikan sanggahan secara tertulis dalam jangka waktu satu hari kerja setelah hari pengumuman hasil Seleksi, disertai dengan bukti-bukti yang memperkuat sanggahan.

Sanggahan secara tertulis sebagaimana dimaksud di atas ditujukan kepada Tim Seleksi dan disampaikan secara langsung ke Sekretariat Tim Seleksi paling lambat pada Jumat, 7 Oktober 2022 pukul 15.00 WIB.

Kominfo mengungkapkan apabila tidak terdapat sanggahan, maka proses seleksi dilanjutkan dengan penyampaian usulan penetapan pemenang lelang frekuensi 2,1 GHz oleh Telkomsel ini kepada Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate.

"Tahapan seleksi belum selesai. Peserta Seleksi peringkat kesatu baru dapat dinyatakan sebagai Pemenang Seleksi setelah diterbitkannya Keputusan Penetapan Pemenang Seleksi oleh Menteri Komunikasi dan Informatika," tulis Kominfo.

Sebagai informasi, blok kosong yang saat ini tengah dilakukan lelang frekuensi 2,1 GHz itu merupakan spektrum yang dibalikkan ke negara oleh Indosat Ooredoo pasca resmi merger dengan Hutchison 3 Indonesia (Tri) menjadi Indosat Ooredoo Hutchison sebagai persyaratan penggabungan kedua perusahaan.

Hasil pengembalian spektrum tersebut kemudian dilakukan lelang frekuensi 2,1 GHz. Ketika dibuka lelang frekuensi 2,1 GHz, pada akhir Agustus lalu, tercatat ada tiga operator seluler yang mendaftarkan diri ikut serta Seleksi Pengguna Pita Frekuensi Radio 2,1 GHz untuk Keperluan Penyelenggaraan Jaringan Bergerak Seluler Tahun 2022, di antaranya Telkomsel, XL Axiata, dan Indosat Ooredoo Hutchison.

Setelah itu ketiga operator mengambil dokumen seleksi dan menyerahkan lagi ke Kominfo. Kemudian tim seleksi melakukan pemeriksaan kelengkapan dokumen permohonan seleksi pengguna pita frekuensi radio 2,1 GHz dan melakukan verifikasi.

Berdasarkan hasil pemeriksaan dokumen kelengkapan administrasi yang dilaksanakan pada 27 September dan hasil verifikasi dokumen administrasi pada 28-29 September, hasilnya yang dinyatakan lulus evaluasi administrasi hanya Telkomsel dan XL Axiata. Kedua perusahaan ini dinyatakan lengkap dan sesuai ketentuan dalam dokumen seleksi.



Simak Video "Kejagung Naikkan Kasus Dugaan Korupsi BTS Kominfo ke Penyidikan"
[Gambas:Video 20detik]
(agt/fay)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT