Telkomsel Gaet Feedloop Kembangkan Solusi Digital Khusus UKM

ADVERTISEMENT

Telkomsel Gaet Feedloop Kembangkan Solusi Digital Khusus UKM

Angga Laraspati - detikInet
Jumat, 30 Sep 2022 16:48 WIB
Menteri BUMN Erick Thohir
Foto: Telkomsel
Jakarta -

Telkomsel menjalin kolaborasi strategis dengan Feedloop dalam rangka pengembangan SaaS (software as a service) khusus untuk segmen usaha kecil dan menengah (UKM). Pengembangan SaaS untuk kalangan UKM dinilai sangat dibutuhkan mengingat masih banyaknya pelaku usaha di sektor tersebut yang belum go digital.

Adapun kesepakatan kolaborasi tersebut ditandai melalui penandatanganan nota kesepahaman (MoU) yang disaksikan langsung oleh Menteri BUMN Erick Thohir dan dilakukan bersamaan dengan kegiatan BUMN Startup Day pada (26/9) beberapa waktu lalu.

Vice President Enterprise Product Management Telkomsel Hanang Setiohargo mengatakan terbatasnya pengetahuan dan kemampuan talenta UKM terhadap teknologi digital masih menjadi problematika yang harus dapat dicari solusinya bersama.

"Telkomsel melihat bahwa penerapan SaaS menjadi salah satu solusi yang paling relevan karena memungkinkan siapa saja dapat membuat atau membangun platform-nya sendiri tanpa perlu melakukan instalasi server bahkan belajar bahasa pemrograman. Peluang inilah yang ingin Telkomsel optimalkan melalui kolaborasi yang terjalin dengan Feedloop sebagai startup yang bergerak di bidang SaaS," imbuh Hanang dalam keterangan tertulis, Jumat (30/9/2022).

Melalui kolaborasi ini, Telkomsel dan Feedloop tak hanya akan berfokus dalam pengembangan SaaS, melainkan juga meliputi pengembangan produk business to business (B2B) kedua perusahaan yang lebih luas guna memenuhi setiap kebutuhan segmen UKM.

Keduanya akan mengoptimalkan aset ekosistem digital yang dimiliki untuk membuka lebih banyak peluang dalam mengakselerasi transformasi digital sektor UKM Indonesia sehingga dapat lebih adaptif, berdaya dan tumbuh berkelanjutan.

Telkomsel juga turut memberikan dukungan langsung pada perhelatan BUMN Startup Day dengan ambil bagian pada tiga program utamanya, yaitu Business Matching, Investor Pitching, dan Conference.

Melalui program-program tersebut, Telkomsel menjadi salah satu dari 22 perusahaan BUMN yang diberi kesempatan untuk memilih dan menentukan startup-startup yang dinilai berpotensi tumbuh di Indonesia.

Telkomsel juga memandu startup-startup tersebut untuk menemukan potensi dan peluang terbaik, hingga membantu meningkatkan kapabilitas digital dengan membuka peluang pemanfaatan aset ekosistem digital Telkomsel melalui kolaborasi strategis.

BUMN Startup Day menjadi momentum dalam memperkuat sinergi dan kolaborasi lintas pemangku kepentingan, yakni antara startup Indonesia, Kementerian BUMN beserta perusahaan-perusahaan di bawahnya.

Melalui pertemuan tersebut, Telkomsel berkesempatan menjalin kolaborasi bersama startup Indonesia. Salah satunya melalui INDICO, anak usaha Telkomsel yang fokus di bisnis digital, yang hadir sebagai agregator digital dan akses pasar para kreator lokal.

"Sebagai leading digital telco company yang memiliki komitmen dalam memperkuat ekosistem digital nasional secara inklusif dan berkelanjutan, Telkomsel akan terus bergerak maju mengakselerasi pertumbuhan inovator lokal melalui berbagai langkah sistematis dan menyeluruh, yang meliputi dukungan penguatan fundamental melalui penyelenggaraan program inkubasi, membuka peluang kerjasama strategis, hingga melalui investment strategic. Kami pun berharap, berbagai upaya yang kami lakukan ini dapat memberikan dampak pada penguatan ekonomi digital nasional melalui kepemimpinan teknologi terdepan," kata Hanang.

CEO Telkomsel Mitra Inovasi Mia Melinda menjelaskan Feedloop adalah salah satu portofolio TMI yang fokus dalam menjawab permasalahan bagaimana UKM Indonesia dapat menjalankan usahanya lebih produktif, melalui solusi digital yang tepat guna, cepat, dan agile.

"Feedloop dengan solusi low code-nya, kami percaya memiliki potensi yang sangat besar, ditunjang dengan kolaborasi bersama Telkomsel diharapkan dapat bersama-sama membawa percepatan digitalisasi pada sektor UKM," tuturnya.

Sementara itu, CEO dan Co-Founder Feedloop Ahmad Rizqi Meydiarso menyampaikan Feedloop telah berinvestasi besar dalam mengembangkan platform no-code yang dapat mempercepat proses pembuatan aplikasi internal maupun customer-facing hingga 10 kali lebih cepat.

"Misi kami adalah untuk dapat merealisasikan pemerataan akses digital dan demokratisasi teknologi software untuk semua kalangan, kami mengembangkan platform no-code ini untuk usaha kecil dan menengah, sehingga mereka dapat membuat software berkualitas sesuai kebutuhan dengan harga yang terjangkau dan cepat. Kami berharap kolaborasi dengan Telkomsel ini dapat mengakselerasi proses implementasi dari misi kami dalam melakukan pemerataan akses digital di Indonesia," ujarnya.



Simak Video "Simak Cara Cek Nomor Telkomsel di Sini!"
[Gambas:Video 20detik]
(ega/ega)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT