Pakar Satelit Indonesia Siap Berkontribusi Pada Dunia

ADVERTISEMENT

Laporan dari Bucharest

Pakar Satelit Indonesia Siap Berkontribusi Pada Dunia

Adi Fida Rahman - detikInet
Jumat, 30 Sep 2022 16:45 WIB
Menkominfo
Menkominfo bersama Meiditomo Sutyarjoko. Foto: Adi Fida Rahman/detikinet
Jakarta -

Indonesia tengah berjuang menempatkan Doktor Meiditomo Sutyarjoko sebagai anggota Radio Regulation Board (RRB) di International Telecommunication Union (ITU). Sang pakar satelit kebanggaan bangsa ini mengaku siap berkontribusi pada dunia.

Meiditomo mengatakan perlunya memperkuat peran Radio Regulatory Board (RRB) dalam menjamin hak dan kewajiban anggota melalui cara yang jelas namun mekanisme pengaturan fleksibel sesuai yang ditetapkan pedoman Konstitusi dan Konvensi ITU, serta resolusi World Radiocommunications Conferences (WRC) .

"Mengikuti WRC sebelumnya memberi Anda dan saya agenda yang menantang dalam menemukan solusi yang dapat diterima, untuk melindungi jaringan dan layanan satelit yang sudah ada, dan di sisi lainnya menampung satelit baru dan sistem terestrial yang memanfaatkan teknologi terbaru," ujarnya saat menyampaikan pidato kampanye di Indonesia Night.

Karena itu pengalaman luas seputar radio serta rencana dan persyaratan masa depan diperlukan untuk menyediakan jaringan global yang harmonis. Sebab menurutnya, banyak negara berkembang memiliki kebutuhan dasar untuk pemerataan jaringan nasional mereka ke lokasi terpencil, untuk mengadopsi teknologi baru, dan mempersempit kesenjangan konektivitas digital, dalam memajukan rencana pembangunan nasional.

Dalam 15 tahun terakhir, Meiditomo fokus pada manajemen spektrum dan harmonisasi baik secara global maupun regional. Dia mengaku terlibat dalam studi tentang koeksistensi antara daratan dan jaringan satelit

Tak sampai di situ, lulusan ITB ini telah terlibat dalam pertemuan ITU regional dalam mempersiapkan item agenda menuju WRC. Dirinya telah memimpin banyak multilateral dan bilatera terkait koordinasi frekuensi sebagai anggota atau ketua delegasi.

Saat ini peraih gelar Doktor Strategic Management dari Universitas Indonesia ini dipercaya sebagai penasihat Kementerian Komunikasi dan Informatika Indonesia, (Kominfo) dan anggota Telekomunikasi Indonesia Masyarakat (MASTEL).

"Dengan pengetahuan dan pengalaman saya di regulasi radio selama 15 tahun terakhir , saya akan mampu menjalankan tugas saya sebagai anggota RRB," tegas Meiditomo.

Ditemui di sesi berbeda, Meiditomo mengatakan bila terpilih sebagai anggota RRB, ia akan berjuang mengamankan slot satelit Indonesia termasuk spektrumnya. Menurutnya slot orbit sangat berharga. Jika suatu negara memiliki slot orbit, spektrumnya bisa dipakai. Ini akan menentukan layanan apa yang bisa dipakai, dan berapa besar kapasitas yang bisa digunakan.

"Semakin banyak kita mendapatkan spektrum semakin simpel sederhana sistem yang bisa kita bangun. Kalau sempit maka sistemnya maka akan menjadi kompleks. artinya lebih mahal dan tidak reliable," ujarnya.

Karena itu tidak heran bila pertarungan spektrum dan slot orbit ini luar biasa. "Very strategic. Kalau kita sudah memiliki slot orbit, sebaiknya jangan sampai hilang," kata Meiditomo.

"Oleh karena itu menguntungkan sekali kalau kita akan punya posisi itu (anggota RRB)," pungkasnya.



Simak Video "Kesiapan Indonesia Kerja Bareng Sekjen Baru ITU Atasi Kesenjangan Digital"
[Gambas:Video 20detik]
(afr/fyk)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT