Indonesia Siap Kerja Bareng Sekjen ITU Baru Atasi Kesenjangan Digital

Indonesia Siap Kerja Bareng Sekjen ITU Baru Atasi Kesenjangan Digital

ADVERTISEMENT

Laporan dari Bucharest

Indonesia Siap Kerja Bareng Sekjen ITU Baru Atasi Kesenjangan Digital

Adi Fida Rahman - detikInet
Jumat, 30 Sep 2022 08:14 WIB
Sidang ITU
Foto: Triana Anugrawati/Kominfo
Bucharest -

Indonesia menyambut baik terpilihnya Doreen Bogdan-Martin sebagai Sekretaris Jenderal International Telecommunication Union (ITU) periode 2023-2026 dan siap bekerja sama dengan perempuan berdarah AS itu untuk mengatasi kesenjangan digital

Hal tersebut disampaikan Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate. Dia mengaku tidak kaget dengan terpilihnya Doreen, sebab sosoknya sudah sekian lama di ITU.

"Dari awal kita sudah mendukung Ibu Doreen. Saya sudah bertemu dengan FCC dan UFCC berikan komitmen Indonesia akan mendukung Bu Doreen dan secara resiprokal US juga dukung Indonesia.," ujar Johnny.

"Tentu kita berharap, karena sudah mengenal Ibu Doreen dengan baik, selanjutnya kerjasama Indonesia dan ITU akan menjadi lebih erat dan lebih akrab. Karena kita sudah saling mengenal," harapnya.

Diungkap Johnny, Doreen sudah sangat mengenal banyak personil Kominfo. Bahkan dia pun akrab dengan orang-orang di Industri Telekomunikasi di Indonesia.

"Karena bu Doreen sudah lama di ITU," ujarnya.

"Saya kira kita sambut baik apalagi keterpilihan nya melalui kemenangan yang cukup solid ya 139 vote dari 164. Selamat bekerja untuk bu Doreen dan Indonesia siap bekerja sama," kata Menkominfo

Seperti diketahui, Doreen terpilih menjadi Sekjen ITU melalui pemilihan berlangsung selama ITU Plenipotentiary Conference (PP-22) di Bucharest, Rumania, pada hari Kamis pagi waktu setempat.

Doreen mendapat dukungan penuh dari mayoritas anggota ITU. Sebanyak 139 suara dia dapatkan dari 172 suara yang diberikan.

Dengan terpilihnya Doreen, dia menjadi perempuan pertama yang memimpin organisasi telekomunikasi dunia di bawah PBB. Namun kiprahnya terbilang sudah lama

Dorren telah memegang posisi kepemimpinan dalam kebijakan telekomunikasi internasional selama lebih dari dua dekade. Sepanjang kariernya, dia telah menjadi perantara kemitraan yang inovatif dan visioner dengan sektor swasta, masyarakat sipil, dan lembaga PBB lainnya untuk mempercepat inklusi dan konektivitas didigita

Dorren akan memulai jabatan empat tahunnya sebagai Sekretaris Jenderal di badan khusus PBB untuk teknologi informasi dan komunikasi dimulai 1 Januari 2023.

Pada sidang ITU PP 2022, negara-negara anggota juga akan memilih kandidat untuk jabatan Wakil Sekretaris Jenderal. Terpilih Tomas Lamanauskas dari Lithuania.

Selama beberapa hari mendatang, negara-negara anggota ITU akan memilih Direktur Biro Komunikasi Radio ITU, Biro Standardisasi Telekomunikasi, dan Biro Pengembangan Telekomunikasi.



Simak Video "Kesiapan Indonesia Kerja Bareng Sekjen Baru ITU Atasi Kesenjangan Digital"
[Gambas:Video 20detik]
(afr/rns)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT