2,7 Miliar Orang di Dunia Belum Tersentuh Internet

ADVERTISEMENT

Laporan dari Bucharest

2,7 Miliar Orang di Dunia Belum Tersentuh Internet

Adi Fida Rahman - detikInet
Senin, 26 Sep 2022 20:30 WIB
ITU 2022 Rumania
Foto: Adi Fida Rahman/detikinet
Bucharest -

Sidang ITU Plenipotentiary Conference ke-21 yang berlangsung di Palace of Parliament, Bucharest, Rumania resmi dimulai. Salah satu agenda utamanya mengurangi kesenjangan digital di dunia.

ITU merupakan badan khusus PBB untuk teknologi informasi dan komunikasi (TIK). Saat konferensi dibuka Senin pagi (26/9/2022) waktu setempat, Sekretaris Jenderal ITU Houlin Zhao mengatakan pihaknya berupaya membuat teknologi dapat diakses dan terjangkau oleh semua orang, di mana saja.

Jaringan dan teknologi digital telah memberdayakan miliaran orang di seluruh dunia, memfasilitasi bisnis, pendidikan, layanan pemerintah, perdagangan, dan interaksi sosial selama dunia dihantam COVID-19. Namun penyerapan Internet telah melambat selama setahun terakhir, membuat 2,7 miliar orang - atau sepertiga dari populasi dunia - tidak terhubung.

"Akses yang adil ke TIK bukan hanya tanggung jawab moral, ini penting untuk kemakmuran dan keberlanjutan global," kata Zhao.

ITU 2022 RumaniaITU 2022 Rumania Foto: Adi Fida Rahman/detikinet

"Keputusan yang dibuat di Bucharest akan menentukan arah dan prioritas kami agar sejalan dengan kebutuhan yang berkembang dari keanggotaan global ITU yang beragam, membantu membentuk masa depan masyarakat informasi di negara maju dan berkembang," lanjutnya.

Sementara itu, Wakil Perdana Menteri Rumania Sorin Grindeanu dalam pidato pembukaan sidang ITU PP 2022 mengatakan negaranya berada di tengah revolusi digital yang memungkinkan dan menyediakan sarana untuk pengembangan industri baru dan layanan terkonvergensi, seperti kendaraan pintar, perawatan kesehatan, kota pintar, dan rumah.
Pada titik balik dalam perkembangan teknologi ini tidak boleh melupakan tugas penting kita untuk menghormati manusia.

"Untuk itu perlunya kita melindungi kebebasan dan kemakmuran generasi masa depan, yang dalam kehidupannya teknologi yang kita lihat saat ini muncul. akan memainkan peran yang menentukan." ujarnya.

Sidang ITU PP 2022 digelar 26 September hingga 14 Oktober 2022. Delegasi pada konferensi empat tahunan itu meliputi menteri dan pejabat pemerintah, perwakilan dari badan nasional, regional, dan internasional, lembaga akademis, dan sektor swasta - perusahaan telekomunikasi dan Internet

Ajang ini menyediakan forum penting bagi pemerintah di setiap wilayah dunia untuk membangun konsensus tentang harmonisasi radio dan satelit, standarisasi telekomunikasi, dan pengembangan digital.

Akan ada pula pemilihan Sekretaris Jenderal, Wakil Sekretaris Jenderal, dan Direktur Komunikasi Radio, Standardisasi Telekomunikasi, dan Pengembangan Telekomunikasi - bersama dengan 12 kursi Dewan Regulasi Radio dan 48 kursi Dewan ITU.

Pemilihan Sekjen ITU akan berlangsung 29 September 2022. Setelah pemilihan selesai, diharapkan 2.500 delegasi dari 193 Negara Anggota ITU dapat memutuskan rencana strategis dan keuangan organisasi, serta menetapkan peta jalannya untuk menghubungkan dunia selama periode empat tahun mendatang.



Simak Video "Saat Lagu Maumere Hipnotis Delegasi Sidang ITU Rumania"
[Gambas:Video 20detik]
(afr/fyk)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT