Menkominfo Minta Dukungan Portugal Agar indonesia Jadi Dewan ITU

Menkominfo Minta Dukungan Portugal Agar indonesia Jadi Dewan ITU

ADVERTISEMENT

Laporan dari Lisbon

Menkominfo Minta Dukungan Portugal Agar indonesia Jadi Dewan ITU

Adi Fida Rahman - detikInet
Sabtu, 24 Sep 2022 15:00 WIB
Menkominfo Johnny G Plate
Menkominfo Johnny G Plate. Foto: Adi Fida Rahman/detikINET
Lisbon -

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate melakukan kunjungan kerja ke Portugal. Tidak hanya menjajaki kerja sama di bidang digital, dia pun berupaya meminta dukungan pada negara tempat pesepakbola Cristiano Ronaldo dilahirkan ini supaya Indonesia menjadi dewan di International Telecommunication Union (ITU).

"Saat pertemuan dengan Menteri Negara Digital Portugal saya mendiskusikan terkait dukungan Portugal pada kandidat Indonesia pada ITU Plenipotentiary Conference 2022 di Bucharest, Romania akhir bulan ini," ungkap Menkominfo saat ditemui di acara Indonesian Diplomatic Reception, Lisbon, Portugal pada Jumat malam waktu setempat (23/9/2022).

Seperti diketahui, Indonesia punya kandidat di Radio Regulation Board (RRB), yakni Doktor Meiditomo Sutyarjoko sehingga perlu dukungan banyak pihak agar terpilih. Menurut Menkominfo, keberadaan perwakilan Indonesia sangat penting karena RRB nantinya mengatur slot orbit satelit.

"Setiap tahun diadakan rapat World Radio Conference (WRC), di situlah diatur slot-slot orbit. Nah slot orbit ini sangat penting bagi Indonesia sekarang karena kita menyiapkan banyak kebutuhan satelit sehingga butuh banyak slot orbit," jelas Johnny.

"Kita sangat membutuhkan ada pejabat Indonesia atau yang mewakili Indonesia duduk di RBB," tegasnya.

Selain itu, dukungan Portugal juga diperlukan agar memuluskan upaya Indonesia menjadi council International Telecommunication Union (ITU) Region E - Asia dan Australasia,

"Dari tahun 77 selalu duduk sebagai council. Kali ini juga kami ingin mendorong agar Indonesia mendapat kesempatan kembali untuk duduk di Asia Pasifik Council. Itulah salah satu pembicara dengan Menteri Negara Digital Portugal," ungkap Johnny.

Menkominfo meyakini Portugal memberikan dukungannya pada Indonesia. Ini setelah melihat gesture dan komitmen yang diberikan Menteri Sekretaris Negara bidang Digitalisasi dan Modernisasi Administratif Portugal Mario Campolargo.

"Menteri Mario memberikan support pada kita," ujar Johnny optimis.

Menkominfo Johnny G Plate bertemu dengan Mensesneg Digital PortugalMenkominfo Johnny G Plate bertemu dengan Mensesneg Digital Portugal Foto: Adi Fida Rahman/detikINET

Kunjungan kerja Menkominfo ke Lisbon tak lepas dari peran penting Portugal. Posisi yang strategis membuat Portugal memiliki jaringan fiber optik yang luar biasa karena menghubungkan Uni Eropa dengan Afrika, wilayah Mediterania, Pantai Timur AS, serta Amerika Selatan dan Tengah.

"Adanya jaringan fiber optic global ini perlu juga kita untuk memiliki hubungan supaya lebih efisien. Misalnya data yang dikirim dari Jakarta ke AS melalui jalur optic yang mana, pasti saat ini Timur Tengah, Eropa dan untuk lintas Atlantik menuju Pantai Timur Amerika, kita perlu membangun jaringannya, di situ Portugal punya jaringan yang bisa kita kerjaan bersama-sama," papar Johnny.

Menkominfo tidak merinci kapan kiranya kerja sama infrastruktur ini bakal terealisasi.

"Kalau itu tadi di diskusi kamu sama-sama kita paham di tingkat Menteri, perlu ditindaklanjuti langsung ke operator fiber optic di Indonesia dan Portugal. Nanti akan kami tindak lanjuti," pungkas Johnny.



Simak Video "Menkominfo Minta Seluruh Negara Dukung Indonesia Jadi Dewan ITU "
[Gambas:Video 20detik]
(afr/afr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT