Menkominfo Ajak Portugal Kerja Sama Transformasi Digital & Cyber Security

ADVERTISEMENT

Laporan dari Lisbon

Menkominfo Ajak Portugal Kerja Sama Transformasi Digital & Cyber Security

Adi Fida Rahman - detikInet
Sabtu, 24 Sep 2022 08:00 WIB
Menkominfo Johnny G Plate bertemu dengan Mensesneg Digital Portugal
Menteri Sekretaris Negara bidang Digitalisasi dan Modernisasi Administratif Portugal, Mario Campolargo, bertemu Menkominfo Johnny G Plate yang ditemani Duta Besar Indonesia untuk Portugal Rudy Alfonso
Lisbon -

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate melakukan pertemuan dengan Menteri Sekretaris Negara bidang Digitalisasi dan Modernisasi Administratif Portugal Mario Campolargo. Dalam pertemuan tersebut, dibahas kerjasama transformasi digital hingga keamanan data.

"Kami banyak mendiskusikan berkaitan dengan transformasi digital di banyak hal mulai dari upstream infrastructure sampai downstream, dan cyber security," kata Menkominfo saat ditemui usai pertemuan yang berlangsung di Kantor Menteri Sekretaris Negara bidang Digitalisasi dan Modernisasi Administratif Portugal, Lisbon, Jumat siang waktu setempat (23/9/2022).

Johnny menilai hubungan antara Indonesia dan Portugal sudah berjalan sangat baik. Namun lantaran saat ini Uni Eropa melakukan pendekatan dengan Asia Pasifik, maka perlu memperkuat hubungan bilateral kedua negara khususnya di bidang digital.

"Kita bisa menggunakan Network Portugal untuk Cross Atlantis ke Pantai Timur Amerika dan di saat yang bersamaan kita sedang membangun hubungan fiber optic dari Indonesia melalui Pasifik ke Pantai Barat Amerika. Kalau ini bisa kita lakukan dengan baik maka tentu akan memperlancar dan mempermudah komunikasi secara global," paparnya.

"Portugal sendiri punya banyak network, yang menghubungkan antara Portugal dengan Selatan sampai Afrika, di wilayah Mediterania dan Amerika Selatan dan Tengah. Jadi ini kalau melakukan koneksi infrastruktur khususnya transmisi data melalui fiber optic, kita akan bisa lebih efisien," imbuh Menkominfo.

Menkominfo Johnny G Plate bertemu dengan Mensesneg Digital PortugalMenkominfo Johnny G Plate bertemu dengan Menteri Sekretaris Negara bidang Digitalisasi dan Modernisasi Administratif Portugal Mario Campolargo. Foto: Adi Fida Rahman/detikINET

Johnny mengatakan Indonesia dan Portugal memiliki tantangan yang sama dalam hal cyber security. Karenanya, kedua belah pihak turut mengedepankan kerja sama keamanan data, tidak saja di ranah pemerintahan namun juga sektor privat.

"Saat ini di Indonesia kan kita sudah menyiapkan payung-payung hukum, undang-undang PDP misalnya, benchmarknya itu EU GDPR (European Union General Data Protection Regulation), makanya itu jadi ada ruang legislasi yang sama levelnya," kata Menkominfo.

Indonesia dan Portugal kompak akan saling bantu dalam peningkatan talenta digital. Senada dengan Johnny, Menteri Sekretaris Negara bidang Digitalisasi dan Modernisasi Administratif Portugal Mario Campolargo menganggap hal tersebut modal penting saat ini.

Menkominfo Johnny G Plate bertemu dengan Mensesneg Digital PortugalMenteri Sekretaris Negara bidang Digitalisasi dan Modernisasi Administratif Portugal Mario Campolargo berbincang dengan Menkominfo Johnny G Plate. Foto: Adi Fida Rahman/detikINET

"Talenta digital sangat penting. Membuat usaha kecil dan menengah, startup, struktur kewirausahaan sadar dan memanfaatkan bagian penting dari digital untuk bisnis mereka sendiri," kata Mario.

"Sebab itu perlu adanya pemberian insentif untuk startup dari kerja sama ini," pungkasnya.



Simak Video "Jawaban Menkominfo soal Ganti Nomor Indonesia ke Provider AS"
[Gambas:Video 20detik]
(afr/afr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT