Pengamat Sebut Perkawinan IndiHome dan Telkomsel Sudah Tepat

ADVERTISEMENT

Pengamat Sebut Perkawinan IndiHome dan Telkomsel Sudah Tepat

Agus Tri Haryanto - detikInet
Selasa, 23 Agu 2022 22:08 WIB
IndiHome dan Orbit
Pengamat Sebut Perkawinan IndiHome dan Telkomsel Dinilai Tepat. Foto: Telkom Group
Jakarta -

Penggabungan IndiHome dan Telkomsel tengah disusun oleh Telkom saat ini. Menurut pakar telekomunikasi, rencana integrasi tersebut dinilai tepat karena industri sedang menuju tren konvergensi.

Founder IndoTelko Forum Doni Ismanto mengungkapkan era konvergensi tersebut sudah diprediksi sejak satu dekade yang lalu dan lima tahun terakhir trennya makin menguat. Salah satu buktinya, saat XL menawarkan XL Home kepada para pelanggannya.

"Trennya memang ke Fixed Mobile Convergence (FMC). Itu yang dilakukan XL dengan mengakuisisi LinkNet," ujar Doni kepada detikINET, Selasa (23/8/2022).

Disampaikannya, penggabungan IndiHome dan Telkomsel itu salah satu untuk mengikat pelanggan agar tidak pindah ke pesaing. Jadi harapannya, kata Doni, ketika layanan mobile akan dilayani oleh seluler yang dalam hal ini Telkomsel, sementara segmen rumahan akan dilayani oleh fixed broadband, yakni IndiHome.

"Lainnya untuk memperluas coverage dan meningkatkan kualitas layanan. Misal, ketika di satu area, selulernya nggak oke, tapi di situ ada jaringan fixed mobile, nanti dia bisa manfaatkan yang fixed via WiFi dan dapat layanan lebih baik pelanggannya," tuturnya,

"Ini juga untuk membantu operator manage bandwidth agar tidak mengandalkan satu akses saja," sambung Doni.

Sebelumnya diberitakan, Direktur Utama Telkom Ririek Adriansyah menyebutkan proses penggabungan IndiHome dan Telkomsel ini masih dalam proses awal.

"Masih dalam proses tahap awal (penggabungan IndiHome dan Telkomsel-red)," ujar Ririek.

Sementara itu, SVP Corporate Communication & Investor Relation Telkom Ahmad Reza menjelaskan rencana Telkom menarik IndiHome ke Telkomsel ini untuk menyatukan layanan fixed broadband dan mobile agar memberikan layanan secara seamless atau mulus kepada para pelanggan.

Untuk saat ini, prosesnya masih pada tahap pertama, seperti cross selling yang sedang berlangsung. Lalu, nanti tahap berikutnya adalah mengalihkan bisnis IndiHome ke Telkomsel.

"Tahap ini masih dalam diskusi dengan Singtel, terkait valuasi, model bisnis, dan sebagainya," jelasnya.



Simak Video "Hasil Investigasi Telkom: Data Diduga Milik IndiHome Ternyata Dijual"
[Gambas:Video 20detik]
(agt/fay)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT