Kejutan! Telkom Akan Gabungkan IndiHome dan Telkomsel

ADVERTISEMENT

Kejutan! Telkom Akan Gabungkan IndiHome dan Telkomsel

Agus Tri Haryanto - detikInet
Sabtu, 20 Agu 2022 21:12 WIB
IndiHome dan Orbit
Telkom Akan Gabungkan IndiHome dan Telkomsel. Foto: Telkom Group
Jakarta -

Telkom akan menggabungkan layanan fixed broadband IndiHome dan mobile dari Telkomsel. Penggabungan tersebut nantinya akan melahirkan layanan fixed mobile convergence.

Hal itu diungkapkan oleh Direktur Utama Telkom Ririek Adriansyah saat dihubungi detikINET, Sabtu (20/8/2022). Disampaikannya, untuk saat ini penggabungan kedua layanan itu masih dalam tahap awal.

"Masih dalam proses tahap awal (penggabungan IndiHome dan Telkomsel-red)," ujar Ririek.

Sementara itu, SVP Corporate Communication & Investor Relation Telkom Ahmad Reza menjelaskan rencana Telkom menarik IndiHome ke Telkomsel ini untuk menyatukan layanan fixed broadband dan mobile agar memberikan layanan secara seamless atau mulus kepada para pelanggan.

Untuk saat ini, prosesnya masih pada tahap pertama, seperti cross selling yang sedang berlangsung. Lalu, nanti tahap berikutnya adalah mengalihkan bisnis IndiHome ke Telkomsel.

"Tahap ini masih dalam diskusi dengan Singtel, terkait valuasi, model bisnis, dan sebagainya," jelasnya.

Lebih lanjut, Reza menegaskan bahwa penggabungan IndiHome dan Telkomsel ini istilahnya bukanlah merger, melainkan fixed mobile convergence.

Sebelumnya, Menteri BUMN Erick Thohir menginginkan ada perombakan model bisnis yang dijalankan antara Telkom dan Telkomsel, di mana Telkom agar lebih fokus pada layanan Business to Business (B2B) dan Telkomsel menjalankan layanan yang berkaitan dengan Business to Constumer (B2C).

Pembagian fokus bisnis tersebut sebagai strategi dalam menghadapi persaingan yang semakin ketat di masa depan sebagai perusahaan teknologi.

Di satu sisi, Indonesia berpotensi mengalami pertumbuhan pesat pada sektor ekonomi digital. Hal itu, kata Erick, yang mesti diantisipasi Telkom dan Telkomsel.



Simak Video "Hasil Investigasi Telkom: Data Diduga Milik IndiHome Ternyata Dijual"
[Gambas:Video 20detik]
(agt/agt)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT