Integrasi Jaringan Indosat-Tri Bikin 5G IOH Maknyus

ADVERTISEMENT

Integrasi Jaringan Indosat-Tri Bikin 5G IOH Maknyus

Adi Fida Rahman - detikInet
Jumat, 05 Agu 2022 22:10 WIB
Indosat Ooredoo Hutchison (IOH) menghadirkan paket kuota besar dengan harga terjangkau bagi para jamaah yang akan menunaikan ibadah haji.
Foto: Indosat Ooredoo Hutchison
Jembrana -

Proses integrasi jaringan Indosat dan Tri masih terus berjalan dan ditargetkan rampung April 2023. Begitu kelar, layanan 5G milik Indosat Ooredoo Hutchison (IOH) bakal lebih maknyus.

"Begitu integrasi selesai, kita siap untuk 5G yang lebih baik lagi. Tidak perlu menunggu akhir tahun depan untuk ngerasain real-nya, karena integrasi selesai April 2023," kata Muhammad Danny Buldansyah, Director & Chief Regulatory Officer IOH di Jembrana, Bali, Jumat (5/8/2022).

Danny mengklaim proses integrasi Indosat dan Tri berjalan sangat bagus. Alasannya, karena proses berjalan lebih cepat.

Umumnya butuh waktu dua tahun untuk operator kecil melakukan integrasi jaringan. Sementara bila operator sebesar IOH butuh lebih dari dua tahun.

"Kami baru merger di Januari, kemudian baru mulai integrasi di April, diharapkan selesai juga di bulan April tahun depan. Jadi pekerjaan yang biasanya dikerjakan 2 tahun, kami majukan 1 tahun," ujar Danny.

Namun untuk memajukan jadi satu tahun bikin biaya yang dikeluarkan naik. Sebab, barang yang dibeli lebih banyak.

"Untung ada dukungan dua pemegang saham yang secara finansial kuat. Jadi kami bisa melakukan eksekusi yang maksimal," kata Danny.

"Selain itu ada dukungan dari mitra-mitra kami seperti Huawei, Ericsson dan Nokia. Support mereka luar biasa. Kalau nggak ada mereka, waduh berat," sambungnya.

Danny sempat menegaskan integrasi jaringan tidak sekadar untuk 5G. Utamanya malah memberi pengalaman komunikasi yang lebih maksimal ke pelanggan, misalnya tidak ada lagi blank spot karena jangkauan lebih luas.

Jangkauan sinyal indoor jauh lebih tinggi dengan adanya integrasi. Kecepatan pun dijanjikan meningkat.

Danny mengungkap sejauh ini belum ada kawasan yang 100% rampung integrasinya. Sebab prosesnya berjalan secara paralel.

Selain itu dalam eksekusinya pun tidak selalu mulus. Butuh waktu lebih untuk merampungkannya.

"Untuk mengintegrasikan jaringan, salah satu elemen pentingnya adalah tower BTS. Ketika diintegrasikan harus ada fibernya, sampai saat ini masangnya lama, baik izinnya eksekusinya hingga narik fibernya, bisa lama banget," terang Danny.

Pun begitu IOH tetap optimis integrasi jaringan Indosat dan Tri selesai April 2023. Saat ini proses integrasi sudah mencapai lebih dari 15.000 site dari 43.000 site yang direncanakan.

"Masih ada 5 bulan lagi. Mudah-mudahan sebagian besar selesai di akhir tahun ini. Sisanya kecil-kecil itu akan selesai dalam 3 bulan berikutnya," pungkas Danny.



Simak Video "Berapa Kecepatan Layanan 5G Indosat di Bali?"
[Gambas:Video 20detik]
(afr/fay)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT