Ilham Habibie: Edutech Pijar Belajar Kembangkan Kompetensi Siswa

ADVERTISEMENT

Ilham Habibie: Edutech Pijar Belajar Kembangkan Kompetensi Siswa

Agus Tri Haryanto - detikInet
Minggu, 31 Jul 2022 16:15 WIB
Ilham Habibie
Ilham Habibie: Edutech Pijar Belajar Kembangkan Kompetensi Siswa. Foto: Ilham Habibie (istimewa)
Jakarta -

Co-Founder Orbit360 Ilham Akbar Habibie mengatakan keberadaan platform edutech membantu meningkatkan kompetensi belajar siswa. Kenapa demikian?

Menurut Ilham dengan platform edutech, siswa akan lebih memahami materi pembelajaran yang diberikan oleh guru. Sebab, materi pembelajaran yang ada di platform tersebut biasanya dikemas dalam bentuk video yang menarik.

"Sehingga siswa menjadi lebih semangat belajar dan mudah memahami materi pelajaran. Untuk guru, platform yang disediakan edutech juga tentunya akan memudahkan guru dalam menyampaikan materi yang terasa sulit dilakukan jika dijelaskan secara langsung kepada siswa," kata Ilham dalam acara penganugerahan Piala Hasri Ainun Habibie 2022 hasil kerjasama Orbit 360 dengan Pijar Belajar di gedung Perpustakaan Nasional, Jakarta, beberapa waktu lalu.

Acara tersebut merupakan puncak dari rangkaian acara ORBIT ONLIMPIADE Piala Hasri Ainun Habibie 2022 yang sudah berlangsung sejak 17-31 Mei 2022. Acara penghargaan dibuka talkshow yang selain menghadirkan pembicara Ilham Akbar Habibie, juga hadir Dr. Munir Subagya selaku wakil sekjen PGRI.

Di awal pembukaan acara penganugerahan piala Hasri Ainun Habibie, disampaikan ORBIT ONLIMPIADE 2022 tidak bisa terlaksana tanpa adanya dukungan sponsor yang sangat besar. Salah satu sponsor yang mendukung setiap kegiatan Orbit360 adalah Pijar Belajar. Pijar Belajar merupakan platform edutech besuatan Telkom yang kini telah digunakan oleh ratusan siswa yang ada di seluruh Indonesia.

Ilham melanjutkan, pihaknya berharap kedepannya sekolah-sekolah yang ada di Indonesia tetap mengkombinasikan sistem belajar online menggunakan platform edutech dan sekolah tatap muka langsung secara bersamaan. Karena pada dasarnya orang Indonesia memiliki budaya komunal atau suka berkelompok. Jadi, ada kalanya siswa bisa lebih mudah materi pelajaran jika ada guru dan teman-teman di sekolah.

Dari talkshow di atas, bisa diambil kesimpulan bahwa platform edutech memang memiliki peran yang sangat besar untuk meningkatkan kompetensi belajar siswa dan meningkatkan angka kecerdasan siswa di seluruh Indonesia. Salah satu edutech yang menyediakan platform pembelajaran untuk seluruh siswa di Indonesia adalah Pijar Belajar.

Apa itu Pijar Belajar?

Pijar Belajar adalah aplikasi yang dirancang untuk siswa agar mendapatkan suplemen pembelajaran di sekolah yang dapat diakses kapan saja dan dimana saja tanpa terhalang ruang dan waktu. Aplikasi Pijar Belajar dilengkapi beragam fitur unggulan yang dapat digunakan siswa dalam proses belajar lebih mudah dan lebih menarik.

Selain itu, menariknya lagi Pijar Belajar memiliki fitur latihan soal yang berbentuk seperti game di HP. Jadi, pengguna akan mendapatkan banyak ilmu tanpa merasa terbebani sama sekali.

Pijar Belajar merupakan bagian dari Leap Telkom Digital, umbrella brand produk dan layanan digital Telkom untuk mengakselerasi digitalisasi masyarakat Indonesia. Melalui Leap, diharapkan dapat mendukung pertumbuhan ekosistem digital di Indonesia demi mengakselerasi terwujudnya kedaulatan digital nasional, sejalan dengan target pemerintah dalam beberapa tahun mendatang.



Simak Video "Langkah-langkah yang Dilakukan Telkom Guna Mengembangkan Ekonomi Digital di Makassar"
[Gambas:Video 20detik]
(agt/agt)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT