Siap-siap! Telkom Ciptakan Metaverse Bernama metaNesia

ADVERTISEMENT

Siap-siap! Telkom Ciptakan Metaverse Bernama metaNesia

Agus Tri Haryanto - detikInet
Jumat, 29 Jul 2022 18:30 WIB
Telkom bikin gebrakan dengan meluncurkan metaverse yang menghadirkan dunia virtual layaknya dunia nyata yang dinamakan metaNesia.
Siap-siap! Telkom Ciptakan Metaverse Bernama metaNesia. Foto: Telkom
Jakarta -

Telkom akan bikin gebrakan dengan meluncurkan metaverse yang menghadirkan dunia virtual layaknya dunia nyata yang dinamakan metaNesia. Apa keunggulan metaNesia ini?

Metaverse merupakan teknologi baru yang memungkinkan orang-orang dapat bekerja, bertemu, belajar, dan bermain selayaknya di dunia nyata berkat pemanfaatan teknologi. Meski saat ini masih terbentur persoalan seperti halnya awal mula era kehadiran internet.

Sebagai salah satu upaya merobohkan tembok tersebut, Telkom melalui Leap-Telkom Digital akan menciptakan dunia metaverse yang bisa dimanfaatkan oleh masyarakat. Adalah metaNesia, dunia metaverse buatan Telkom yang merupakan akronim dari Metaverse Indonesia.

Deputy Executive Vice President Digital Technology & Platform Business Telkom, Ery Punta Hendraswara mengungkapkan, persepsi orang saat ini kalau metaverse itu harus pakai virtual reality (VR). Padahal, lebih dari itu, interaksinya memang pakai VR, tetapi mengombinasikan dengan augmented reality (AR).

"Bahkan ada juga interaksinya yang lebih sederhana, seperti menggunakan handphone atau PC layaknya bermain game. Tapi di situ ada bentuk interaksi-interaksi baru yang dimungkinkan dari metaverse ini," ujar Ery lewat keterangan resminya, Jumat (29/07/2022).

Ery memaparkan akan banyak peluang baru yang tercipta dari kehadiran metaverse. Contohnya bagi korporasi, teknologi anyar ini akan memberikan pengalaman baru bagi perusahaan serta konsumen dan target pasar yang akan dicapai.

Telkom bikin gebrakan dengan meluncurkan metaverse yang menghadirkan dunia virtual layaknya dunia nyata yang dinamakan metaNesia.Telkom bikin gebrakan dengan meluncurkan metaverse yang menghadirkan dunia virtual layaknya dunia nyata yang dinamakan metaNesia. Foto: Telkom

Selama ini, menurut Ery, korporasi hanya dapat menjangkau konsumen secara daring dan luring. Kehadiran metaverse berada di antara dua hal tersebut. Artinya, metaverse menjadi komponen tambahan bagi korporasi untuk melayani konsumennya atau mendapatkan konsumen baru yang selama ini tidak terjangkau.

"Pandemi membuat banyak perubahan. Jadi untuk brand, metaverse tidak hanya sekadar channel baru, tetapi ini suatu new experience dan membuka peluang baru juga untuk mereka memberikan sesuatu yang baru. Misalnya produk baru, di mana produknya bisa saja full digital di metaverse, tetapi di dunia nyata juga kita dapatkan," tambah Ery.

Mengenal apa itu metaNesia?

Sebagai lokomotif digital di Indonesia, Telkom terjun ke metaverse menciptakan dunia yang saling terhubung dan membangun ekosistem metaverse di Indonesia. Dengan metaNesia diharapkan bisa menjadi batu loncatan bagi perekonomian virtual di Indonesia yang tidak hanya mewadahi perusahaan-perusahaan besar, tetapi juga menjadi rumah bagi UMKM menjangkau peluang-peluang baru.

"Telkom dalam posisi mengajak, bahwa Telkom menjadi hub dan kita bisa bersama-sama membangun untuk metaverse-nya Indonesia. Kita terbuka untuk terhubung dengan metaverse lain yang sudah ada di Indonesia sehingga pertumbuhan metaverse di Indonesia jauh lebih cepat," jelas Ery.

Ery mengungkapkan, Telkom menciptakan metaNesia karena tidak ingin menjadi tamu di negeri sendiri. Dengan infrastruktur yang dimiliki, Telkom yakin bisa menjadi hub metaverse yang bermanfaat bagi banyak pihak. Tak hanya sekadar menyuguhkan interaksi dengan visual biasa, tetapi metaNesia juga menawarkan pengalaman yang berbeda di dalam dunianya.

Secara umum, ketika sebuah perusahaan atau UMKM sudah masuk di metaNesia, perusahaan tersebut memiliki kesempatan untuk bekerja sama dan terhubung dengan perusahaan lainnya dengan mudah. Tak hanya itu, metaNesia juga bisa membuka jenis-jenis pekerjaan baru.

Salah satu konsep awal yang dibawa metaNesia ini menyuguhkan konser virtual yang telah terselenggara menampilkan Pusakata dan Vidi Aldiano, pengunjung yang berada di tempat berbeda di dunia nyata, bisa bersama-sama menonton konser dan berinteraksi secara virtual layaknya di dunia nyata. metaNesia pun melahirkan virtual commerce yang menyuguhkan interaksi berbeda. Di dalam dunia metaNesia juga menyediakan plaza sebagai tempat orang untuk berbelanja. Pelaku-pelaku bisnis pun bisa berjualan di sana.

Sementara itu, Andrew Tarigan, Product Manager metaNesia, mengatakan peluncuran metaNesia pada 31 Juli 2022 mendatang, audiens yang hadir akan merasakan berbagai pengalaman menarik dari banyaknya aktivitas yang disuguhkan oleh Telkom. Peluncuran metaNesia rencananya diselenggarakan pada perhelatan Digiland di Istora Senayan, Jakarta, yang dikemas dengan berbagai exhibition, entertainment, e-sport, pameran NFT dan fotografi, dan masih banyak suguhan menarik lainnya.

"Siap-siap Telkom akan punya metaverse yang akan segera diluncurkan. Ke depannya Telkom akan terus mengembangkan metaverse agar bisa semakin bermanfaat bagi masyarakat," tutupnya.



Simak Video "Menteri BUMN Erick Thohir Luncurkan Metanesia"
[Gambas:Video 20detik]
(agt/agt)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT