XL Axiata Perkuat Sinyal Internet di Jalur KRL Yogyakarta-Solo

ADVERTISEMENT

XL Axiata Perkuat Sinyal Internet di Jalur KRL Yogyakarta-Solo

Agus Tri Haryanto - detikInet
Kamis, 30 Jun 2022 19:15 WIB
Seiring semakin banyak yang menggunakan Kereta Rel Listrik (KRL) rute Yogyakarta-Solo, XL Axiata memperkuat kualitas jaringan telekomunikasi dan data di sepanjang dilalui moda transportasi tersebut.
XL Axiata Perkuat Sinyal Internet di Jalur KRL Yogyakarta-Solo. Foto: XL Axiata
Jakarta -

Seiring semakin banyak yang menggunakan Kereta Rel Listrik (KRL) rute Yogyakarta-Solo, XL Axiata memperkuat kualitas jaringan telekomunikasi dan data di sepanjang dilalui moda transportasi tersebut.

Lebih dari 220 Base Transceiver Station (BTS) 4G saat ini menopang kualitas jaringan di jalur yang dilalui KRL Yogyakarta-Solo ini, untuk menghadirkan layanan internet cepat dan kelancaran komunikasi masyarakat penggunanya.

Group Head Central Region XL Axiata, Bambang Parikesit, mengatakan mobilitas masyarakat di kawasan ini memang mengalami peningkatan dengan adanya layanan KRL. Sejak beroperasi awal tahun lalu, tercatat terjadi peningkatan trafik data sebesar 78% di sepanjang jalur kereta yang menghubungkan kedua kota tersebut.

"Secara umum, kawasan aglomerasi Yogyakarta hingga Solo Raya menjadi perhatian utama XL Axiata mengingat pertumbuhan trafik yang cukup tinggi," ujar Bambang dalam keterangan yang diterima detikINET, Kamis (30/6/2022).

Menurut Bambang, jaringan internet mumpuni dari XL Axiata tersedia di sepanjang jalur KRL Yogyakarta-Solo, termasuk 11 stasiun yang melayani penumpang KRL, yang tersebar di Kota Yogyakarta, Kabupaten Sleman, Kota Surakarta, Kabupaten Sukoharjo, dan Kabupaten Klaten.

Guna menjaga kualitas layanan, berbagai upaya terus dilakukan, yakni ekspansi jaringan, upgrade kapasitas, peningkatan throughput, hingga perbaikan latency.

Peningkatan kualitas jaringan juga dilakukan melalui fiberisasi ke semua BTS, termasuk yang menopang jalur KRL. Fiberisasi bertujuan antara lain meningkatkan kapasitas jaringan 4G agar kualitas layanan data menjadi maksimal, cepat dan stabil.

"Jalur Yogyakarta-Solo, baik jalur kereta atau jalan raya, adalah jalur yang sejak lama sangat sibuk, bahkan 24 jam hidup, yang menjadi bagian dari jalur utama Jawa di bagian Selatan, di mana mobilitas masyarakat tinggi, maka di situ menjadi perhatian XL Axiata untuk menyediakan jaringan yang mumpuni," jelas Bambang.

Peningkatan jaringan 4G akan terus dilakukan mengingat kebutuhan layanan data yang berkualitas juga terus meningkat di kawasan aglomerasi Yogyakarta-Solo. Dalam periode dua tahun terakhir, secara rata-rata trafik data meningkat hingga 120% di kawasan ini, dengan pertumbuhan tertinggi berada di Solo Raya.

Selama dua tahun terakhir itu pula, XL Axiata juga telah melakukan ekspansi layanan di lebih dari 260 BTS. Seluruh BTS tersebut terdapat di 89 kecamatan yang tersebar di Solo Raya, 7 kecamatan yang tersebar di Kota Yogyakarta, dan 15 kecamatan yang tersebar di Kabupaten Sleman.

Dengan total lebih dari 1.200 BTS di seluruh wilayah Yogyakarta, Sleman, Surakarta, Sukoharjo, hingga Klaten, XL Axiata telah melayani lebih dari 900 ribu pelanggan. Pelanggan terbanyak berada di Kabupaten Sleman dengan total lebih dari 320 ribu pelanggan, menyusul Sukoharjo dengan 193 ribu pelanggan, serta Klaten lebih dari 168 ribu pelanggan.



Simak Video "Walau Sudah Bisa 5G, XL Axiata Masih Pakai Spektrum untuk 4G"
[Gambas:Video 20detik]
(agt/fay)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT