Mau Pulsa Gratis? Mudah Kok Tinggal Tuker dengan Botol Plastik

ADVERTISEMENT

Mau Pulsa Gratis? Mudah Kok Tinggal Tuker dengan Botol Plastik

Agus Tri Haryanto - detikInet
Rabu, 29 Jun 2022 16:36 WIB
PT Bank QNB Indonesia Tbk. (BKSW) dan PT Indosat Tbk. (ISAT) meluncurkan produk pinjaman digital bernama UCan. Produk ini dapat diakses melalui aplikasi myIM3.
Mau Pulsa Gratis? Mudah Kok Tinggal Tuker dengan Botol Plastik. Foto: dok. Indosat
Jakarta -

Kebutuhan pulsa di era saat ini sudah merupakan keniscayaan, sebagai sarana komunikasi maupun untuk mengaktifkan paket internet. Bagi kalian bisa mendapatkan pulsa dengan menukarkannya dengan sampah.

Indosat Ooredoo Hutchison (IOH) berkolaborasi dengan Pemerintah Kota Bogor, Dinas Lingkungan Hidup Kota Bogor, dan Mall BTM Bogor menghadirkan program sampah jadi pulsa. Bagaimana caranya?

Masyarakat bisa menukarkan botol plastik bekas dengan pulsa IM3 maupun Tri melalui Reverse Vending Machine (RVM) Plasticpay yang ditempatkan di Mall BTM Bogor, Jawa Barat.

Cara Mendapatkan Pulsa dengan Menukarkan Sampah

  1. Unduh dan daftarkan diri pada aplikasi Plasticpay yang tersedia di Play Store untuk perangkat berbasis Android dan App Store bagi yang memiliki perangka iOS.
  2. Masukkan botol plastik bekas ke dalam RVM untuk menukarkan satu botol dengan pulsa IM3 atau Tri senilai Rp10.000.
  3. Selanjutnya, masyarakat yang menukarkan botol-botol plastik bekas akan mendapatkan poin untuk nantinya ditukarkan dengan beberapa pilihan yang ada pada aplikasi.

Poin-poin yang didapatkan dapat ditukarkan dengan pulsa IM3 atau Tri yang bisa digunakan untuk membeli kuota data, telepon, SMS, serta aktivasi layanan Over-the-Top (OTT) seperti aplikasi streaming musik dan film.

Sementara itu, botol plastik bekas yang terkumpul melalui RVM akan dikelola oleh Plasticpay menjadi kerajinan tangan dan bentuk lain sebagai bagian dari pemberdayaan komunitas mitra UMKM.

Plasticpay adalah gerakan sosial berbasis platform digital, yang mengajak masyarakat untuk mengubah sampah botol plastik yang merusak lingkungan menjadi produk yang bermanfaat, bernilai lebih, dan membawa kebaikan.

"Sampah Jadi Pulsa merupakan salah satu program CSR IOH di dalam pilar Lingkungan. Program ini bertujuan untuk mendukung program pemerintah dalam mengurangi limbah botol plastik dan menjaga kelestarian alam dengan pemanfaatan teknologi digital," ujar President Director & CEO Indosat Ooredoo Hutchison Vikram Sinha dalam keterangan yang diterima detikINET, Rabu (29/6/2022).

Senada dengan Indosat Ooredoo Hutchison, Wali Kota Bogor Bima Arya mengungkapkan program ini sebagai gerakan melestarikan lingkungan secara berkelanjutan sambil memberdayakan masyarakat untuk daur ulang sampah.

"Kami percaya bahwa teknologi digital dapat membawa kemajuan bagi peradaban manusia dan pelestarian lingkungan hidup," pungkasnya.



Simak Video "Berapa Kecepatan Layanan 5G Indosat di Bali?"
[Gambas:Video 20detik]
(agt/fay)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT