Ini Dia Keuntungan 5G Private Network untuk Kemajuan Industri

Ini Dia Keuntungan 5G Private Network untuk Kemajuan Industri

Virgina Maulita Putri - detikInet
Selasa, 07 Jun 2022 18:45 WIB
Ilustrasi 5G
Ragam Keuntungan 5G Private Network untuk Kemajuan Industri Foto: Shutterstock
Jakarta -

Penerapan teknologi 5G di Indonesia tidak hanya terbatas untuk kalangan pengguna umum tapi juga industri. Penggunaan 5G private network tidak hanya bisa mempercepat transformasi digital di industri dan bisnis tapi juga potensi cuan yang besar.

Country Director Qualcomm Indonesia Shannedy Ong mengatakan Indonesia merupakan pasar dengan nilai potensi 5G tertinggi di Asia Tenggara, dengan nilai lebih dari USD 1 miliar pada 2025.

"Untuk B2C, untuk consumer saja sudah hampir USD 500 juta dan untuk B2B enterprise sudah hampir USD 500 juta. Jadi di-combine consumer dan enterprise ini sudah hampir USD 1 billion revenue potential di tahun 2025," kata Shannedy dalam webinar Qualcomm, Selasa (7/6/2022).

"Jadi ini signifikan sekali revenue potential-nya baik untuk industri atau dari sisi services untuk operator," sambungnya.

Dalam kesempatan yang sama, Direktur Telekomunikasi di Dirjen Penyelenggaraan Pos dan Informatika Aju Widya Sari mengatakan ada lima sektor yang menjadi fokus pengembangan 5G private network di Indonesia yaitu residensial, kawasan industri dan pabrik dengan automasi, pertambangan, kesehatan, dan pariwisata.

Dari lima sektor tersebut ada 13 lokasi yang menjadi prioritas Kementerian Komunikasi dan Informatika antara lain pengembangan mobile broadband di kota-kota besar, lima destinasi wisata, wilayah ibu kota negara (IKN) baru, dan kawasan industri.

"Jadi kami saat ini terus mendorong antara kawasan industri dengan penyelenggara telekomunikasi untuk mewujudkan itu," kata Aju.

Untuk kebutuhan industri, teknologi 5G membawa beberapa keunggulan seperti latensi yang rendah, kapasitas dan kecepatan yang tinggi, dan komunikasi machine-to-machine. Menurut Shannedy ini merupakan keunggulan 5G dibandingkan dengan jaringan nirkabel lainnya seperti Wi-Fi.

Halaman selanjutnya: Penggunaan dan tantangan 5G industri >>>



Simak Video "Teknologi 5G Huawei dan ZTE Terancam Diblokir Kanada"
[Gambas:Video 20detik]