5G XL Axiata Ikut Selimuti Sirkuit Formula E, Segini Kecepatannya

5G XL Axiata Ikut Selimuti Sirkuit Formula E, Segini Kecepatannya

Adi Fida Rahman - detikInet
Sabtu, 04 Jun 2022 14:54 WIB
5G XL di Formula E
5G XL Axiata Ikut Selimuti Sirkuit Formula E, Segini Kecepatannya. Foto: Adi Fida Rahman/detikINET
Jakarta -

Sinyal 5G milik operator XL Axiata turut menyelimuti area sirkuit Formula E. Seberapa kencang kecepatannya?

DetikINET sempat melakukan uji kecepatan menggunakan aplikasi Speedtest dengan lokasi pengujian di area tribun 2B.

Kecepatan download yang ditorehkan lumayan cepat, menyentuh 147 Mbps, dengan latensi 15. Sedangkan kecepatan upload hanya 38,9 Mbps.

Kemudian detikINET sempat mengulang pengujian, angka kecepatan sempat mencapai 210 Mbps, namun berakhir di hasil 117 Mbps. Cukup mengejutkannya, hasil uploadnya mencapai 104 Mbps.

Dalam menghadirkan 5G, XL Axiata mengaku dapat dukungan dari Kementerian Komunikasi dan Informatika, termasuk untuk pengguna pita frekuensi 3.5GHz. Sejumlah titik akses 5G telah disiapkan di seputar sirkuit.

Selain menggelar jaringan 5G, XL Axiata juga gencar melakukan peningkatan kualitas jaringan 4G di wilayah sekitar Sirkuit Formula E. Pada jaringan 4G, XL Axiata telah mempersiapkan penambahan kapasitas dan jangkauan jaringan di beberapa titik yang diprediksi akan terjadi peningkatan trafik, termasuk penambahan 3 Mobile BTS (MBTS) di beberapa titik di sekitar lokasi acara.

XL Axiata memgaku turut menguatkan jaringan 4G. Kapasitas jaringan mereka di sekitar Ancol tingkatkan hingga 2-3 kali sebagai antisipasi lonjakan trafik selama hari balapan.

Khusus di Jakarta Utara, wilayah yang menjadi tempat perhelatan ajang Formula E, XL Axiata memiliki lebih dari 1.600 BTS, dengan hampir 1.000 di antaranya BTS 4G. Sementara itu, untuk seluruh wilayah DKI Jakarta, XL Axiata mengoperasikan lebih dari 9.700 BTS, termasuk lebih dari 5.700 BTS 4G.



Simak Video "Ini Hasil Uji Kecepatan Internet 5G XL Axiata"
[Gambas:Video 20detik]
(rns/rns)